ADVERTISEMENT

Rabu, 24 Agu 2022 21:30 WIB

Kisah Pria Tertular Cacar Monyet, Ratusan Luka di Tubuh hingga Nyaris Buta

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Monkeypox  positive blood tube and world pandemic map Ilustrasi monkeypox. Foto: Getty Images/iStockphoto/turk_stock_photographer
Jakarta -

Seorang pria bernama Kevin Kwong mengalami kondisi yang memprihatinkan akibat cacar monyet atau monkeypox. Kevin meyakini dirinya tertular virus itu dari hubungan seksual saat parade Pride New York.

Menurut spesialis penyakit menular Peter Chin-Hong, yang mendiagnosisnya, kondisi Kevin saat itu sangat menyedihkan. Ia bahkan khawatir jika Kevin bisa saja buta karena ratusan luka yang ada di tubuh dan wajahnya.

"Sangat menyedihkan, dengan ratusan luka di sekujur tubuhnya," ungkap Peter Chin-Hong, yang dikutip dari Insider, Rabu (24/8/2022).

"Kasus Kevin mungkin salah satu yang paling parah dari pasien yang pernah saya lihat sejauh ini," lanjutnya.

Awal Mula Gejala Muncul

Gejala Kevin Kwong ini dimulai dua hari setelah dia kembali ke California dari New York pada akhir Juni. Ia mengeluhkan rasa gatal yang menyakitkan pada tangannya hingga membangunkannya dari tidur.

Awalnya, Kevin mengira gatal itu karena eksim. Ia pun mengobatinya dengan krim steroid yang biasa. Tapi, rasa gatal itu semakin parah hingga menjalar ke sikunya, muncul bintik merah dan cairan, bahkan menyebar ke wajahnya.

"Tubuhmu diambil alih oleh hal yang tidak kamu mengerti ini. Dan kamu tidak punya tempat untuk pergi, jadi itu menyakitkan dan menakutkan," kata Kevin.

NEXT: Salah Diagnosis dan Masa Pemulihan

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menkes: Monkeypox Menular Jika Sudah Ada Gejala"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT