ADVERTISEMENT

Sabtu, 03 Sep 2022 14:01 WIB

Umur Baru 29 Tahun, Wanita Ini Sudah Operasi 200 Kali Demi Bertahan Hidup

Nurul Febian Danari - detikHealth
Ilustrasi sakit jantung Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato
Jakarta -

Wanita di New Zealand yang bernama Jessica Manning membagikan kisah hidupnya yang mengidap kelainan pada jantung sejak Ia lahir. Ia banyak membagikan perjuangan dan kisah hidupnya di akun Tiktok pribadinya @jessica.elenanz.

Sejak menginjak usia tiga tahun, Jessica harus keluar masuk rumah sakit untuk menjalani berbagai prosedur kesehatannya. Ia mengatakan bahwa ia telah menjalani lebih dari 200 kali operasi serta transplantasi jantung dan hati. Ia menjalani hidupnya dengan klaim hidup yang tidak bertahan lama.

"Operasi terbesar saya adalah ubun-ubun yang menghubungkan jantung ke arteri pulmonalis menggunakan tabung," Ujar Jessica pada Jam Press yang dikutip dari Daily Mail Australia pada Sabtu, (3/9/2022).

Menginjak usia 19 Tahun, Jessica mengalami gagal jantung dan mengharuskannya di rawat di rumah sakit dan menjalani masa pemuliahan selama kurang lebih satu bulan. Kemudian, pada usia 22 tahun, Jessica didiagnosa liver disease atau penyakit pada hati.

Pada usia 25 tahun, akhirnya Jessica menjalani transplantasi jantung dan hati, setelah menjalani operasi pacu jantung dan operasi darurat paru-paru beberapa tahun sebelumnya.

Setelah transplantasi jantungnya berhasil, Jessica menawarkan jantungnya kepada sebuah Universitas di New Zealand untuk tujuan penelitian. Penelitian hanya memerlukan sebagian kecil sampel dari jantung tersebut, dan mereka mengembalikannya kepada Jessica. Ia akan menguburkan jantungnya namun sebelum itu, Jessica sempat memperlihatkannya di akun Tiktok peribadinya, dan menyebutnya terlihat seperti 'cookie dough'.

Jessica sangat berterima kasih kepada keluarga dan sahabatnya, hingga kini ia dapat menjalani hidup 'normal'.



Simak Video "Goes Bareng Mika Tambayong di Indonesia Heart Bike 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT