Mengeluh Sakit Perut, Ternyata Ada Kabel USB 'Nyangkut' di Usus Remaja Ini

ADVERTISEMENT

Mengeluh Sakit Perut, Ternyata Ada Kabel USB 'Nyangkut' di Usus Remaja Ini

Hana Nushratu - detikHealth
Rabu, 21 Des 2022 21:30 WIB
Ilustrasi usus besar
Ilustrasi hasil x-ray. (Foto: 163.com)
Jakarta -

Dokter di salah satu Rumah Sakit Turki dibuat bingung dengan salah satu pasien anak laki-laki berusia 15 tahun. Pasien tersebut datang dengan kabel USB yang tersangkut di dalam perutnya.

Dikutip dari NY Post anak laki-laki asal Diyabakir, Turki tersebut dibawa ke rumah sakit oleh keluarganya setelah dirinya mengeluh sakit perut dan mual. Setelah discan menggunakan x-ray, baru ketahuan apa yang ada di perut anak tersebut.

Anak yang tidak disebutkan namanya ini dibawa ke Rumah Sakit Universitas Firat Elazig menggunakan ambulan. Waktu yang ditempuh dari rumahnya ke rumah sakit menghabiskan tiga jam perjalanan.

Ahli gastroenterologi anak Yasar Dogan menggunakan prosedur endoskopi untuk melepaskan kabel dari tubuh anak ini. Ia bersama timnya dengan segera melakukan operasi pengangkatan benda asing begitu anak tersebut tiba di rumah sakit.

"Kami jelas kesulitan melepas kabel karena salah satu ujung kabel masuk ke usus kecil," kata Dogan.

Kabel USB yang dicabut berukuran sekitar 3 kaki (91,44 cm). Selain itu, dalam perut bocah tersebut juga ditemukan ikat rambut.

Bocah laki-laki tersebut akhirnya dibawa pulang ke rumahnya. Hingga saat ini, belum ada yang mengetahui motif pasti anak itu memakan benda-benda tidak lazim.

"Setelah prosedur berhasil diselesaikan, pasien dipulangkan dalam keadaan sehat," ujar Dogan.

Kasus serupa juga menimpa anak laki-laki berusia 9 tahun asal Striling, Skotlandia. Anak tersebut hampir meninggal dunia usai menelan enam buah magnet akibat challenge TikTok.

Selain itu, ada anak laki-laki berusia 14 tahun asal India yang memakan 16 sikat gigi dan paku tiga inci (7,62 cm). Hal tersebut ia lakukan lantaran ia untuk mengurangi kebiasaan anehnya, yakni makan kotoran.



Simak Video "Spanyol Berhasil Lakukan Transplantasi Usus Bayi Pertama di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(hnu/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT