Curhat Wanita Punya Payudara Tak Berhenti Tumbuh, Lingkar Dadanya 130 cm

ADVERTISEMENT

Curhat Wanita Punya Payudara Tak Berhenti Tumbuh, Lingkar Dadanya 130 cm

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 18 Jan 2023 14:15 WIB
Pamelia J
Viral wanita idap penyakit langka yang membuat payudaranya terus tumbuh (Foto: TikTok Pamelia J)
Jakarta -

Seorang wanita bernama Pamelia (27) dari Australia mengidap kondisi langka gigantomastia yang membuat payudaranya membesar dan belum berhenti tumbuh. Dalam satu tahun terakhir, ukuran dadanya bahkan bertambah empat 'cup'. Akibatnya, ia pun mengalami berbagai ketidaknyamanan, mulai dari rasa sakit sampai pandangan dari orang-orang jalan.

Pada tahun 2022, Pamelia berusaha mencari pertolongan medis setelah mengidap sakit punggung, leher, dan bahu. Ia juga dirujuk ke ahli bedah setelah payudaranya berubah dari ukuran bra cup J menjadi cup M, tumbuh selebar 14 cm dalam delapan bulan. Lingkar dadanya juga membesar dari 39 inci (100 cm) menjadi 51 inci (130 cm).

"Itu sangat tidak nyaman, sangat berat, dan aku bisa sangat sakit. Aku kesulitan mencari pakaian yang cocok dan aku akhirnya hanya memakai t-shirt longgar," katanya dikutip dari Dailystar.

Dikutip dari Cleveland Clinic, gigantomastia atau hipertrofi payudara adalah kondisi langka yang melibatkan perkembangan payudara yang sangat besar karena pertumbuhan jaringan payudara yang berlebihan. Seseorang yang mengidap kondisi ini akan mengalami pertumbuhan payudara yang cepat dan tidak proporsional. Kecepatan pertumbuhan payudara dapat bervariasi, dari beberapa minggu hingga beberapa tahun.

Adapun gejala gigantomastia di antaranya:

  • Infeksi atau lesi pada kulit payudara, terutama di bawah payudara.
  • Nyeri leher dan punggung yang disebabkan oleh payudara yang menarik ke bawah.
  • Postur yang buruk.
  • Kehilangan rasa di puting.
  • Nyeri payudara (mastalgia).
  • Lekukan yang menyakitkan dan gatal pada kulit dari tali bra yang digunakan.

Bagaimana Perawatannya?

Bergantung pada tingkat keparahan gejala dan ukuran payudara, dokter mungkin merekomendasikan operasi pengecilan payudara atau pengobatan untuk mengobati gigantomastia. Dalam kasus gigantomastia berulang atau parah, dokter mungkin merekomendasikan mastektomi atau prosedur operasi untuk mengangkat seluruh jaringan payudara.



Simak Video "Apakah Makanan Pengaruhi Ukuran Payudara?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)
Kondisi Langka Gigantomastia
Kondisi Langka Gigantomastia
17 Konten
Akibat kondisi langka, beberapa wanita mengalami pertumbuhan payudara yang tidak biasa. Ada yang membuat ukurannya jadi sangat besar hingga mengganggu kenyamanan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT