Viral Bocah 4 Tahun Ngeluh Sakit Perut, Ternyata Benda Ini Bersarang di Tubuh

ADVERTISEMENT

Viral Bocah 4 Tahun Ngeluh Sakit Perut, Ternyata Benda Ini Bersarang di Tubuh

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 20 Jan 2023 10:01 WIB
Telan gelang magnet viral
Seorang anak telan gelang magnet (Foto: Sciencedirrect)
Jakarta -

Kasus anak kecil menelan benda asing kerap kali ditemui. Salah satu contohnya seperti yang dialami anak laki-laki berusia empat tahun yang menelan gelang magnet. Adapun kasus tersebut juga dimasukan ke dalam studi kasus berjudul 'Ingestion of multiple magnetic beads in a child' dalam Journal Of Pediatric Surgery Case Reports.

Anak laki-laki tanpa diketahui identitasnya itu awalnya mengeluhkan rasa sakit di bagian perutnya. Ia juga mengalami muntah dan sembelit selama dua hari berturut-turut. Kedua orang tuanya pun kebingungan terkait pemicu yang membuat sang anak mengalami gejala tersebut. Walhasil mereka pun membawanya ke rumah sakit untuk dicek ke dokter.

Dokter mengira anak empat tahun itu mengalami usus buntu. Ternyata saat di USG, ditemukan gelang magnet di dalam perut bocah tersebut.

"Nyeri perut bertahan pasca operasi usus buntu. Ini kemudian dikaitkan dengan muntah empedu yang dimulai pada hari ke-3 pasca operasi," tutur keterangan studi tersebut dikutip dari Sciencedirect, Kamis (19/1/2023).

"Orang tua tidak dapat memberikan riwayat menelan benda asing. Diagnosis obstruksi usus akibat benda asing yang tertelan dibuat dan dia menjalani laparotomi mendesak," tambah studi tersebut.

Yang lebih buruknya lagi, gelang magnet tersebut telah menghalangi ususnya, bahkan membuat lubang di perutnya. Untuk mencegah lebih banyak kerusakan, dokter melakukan laparatomi darurat hingga prosedur sayatan rongga perut.

Setelah itu, dokter mengambil gelang yang terdiri dari 18 manik-manik magnet berbentuk heksagonal itu. Mereka juga memperbaiki lubang di dinding ususnya. Kini anak tersebut dikabarkan telah pulih dengan cepat dan bisa pulang ke rumah.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT