Pria Ini Dipenjara gegara Diam-diam Lepas Kondom Saat Bercinta, Begini Kasusnya

ADVERTISEMENT

Pria Ini Dipenjara gegara Diam-diam Lepas Kondom Saat Bercinta, Begini Kasusnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jumat, 17 Mar 2023 20:30 WIB
Ilustrasi Kondom
Seorang pria dipenjara gegara melepas kondom saat berhubungan seks. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Seorang pria menjadi orang pertama di Belanda yang dipidana karena melakukan 'stealthing' pada pasangan wanitanya. Pria bernama Khaldoun F itu dijatuhi hukuman penjara yang setara dengan pelaku pencurian.

Berdasarkan keterangan pasangannya, wanita itu telah setuju berhubungan seks dengan F. Tetapi, F itu melakukan 'stealth' atau diam-diam melepas kondom saat keduanya bercinta.

Di pengadilan Distrik Dordrecht, pria berusia 28 tahun itu mengakui bahwa dirinya bersalah. Ia dijatuhi hukuman percobaan tiga bulan dan diharuskan membayar denda sebesar 1.060 dollar AS atau setara dengan 16 juta rupiah.

Dikutip dari New York Post, bagi korban 'stealth' pasti menyebabkan konsekuensi yang jelas. Misalnya seperti kehamilan yang tidak diinginkan, infeksi menular seksual, dan trauma psikologis.

Apa Itu Stealth?

Stealthing terjadi ketika seseorang mengarahkan pasangannya untuk percaya bahwa mereka akan melakukan hubungan seksual menggunakan kondom atau pelindung. Namun, sesaat sebelum bercinta, kondom tersebut dilepas tanpa persetujuan dan sepengetahuan pasangannya.

Ini termasuk dalam tindakan menipu. Bahkan, para ahli menganggap ini sebagai tindakan seks yang tidak aman dan berdasarkan paksaan.

Tindakan tersebut pertama kali didefinisikan dalam studi Universitas Yale pada tahun 2017. Menurut mereka, tindakan ini hampir sama dengan pemerkosaan.



Simak Video "Populasi Menurun dalam 60 Tahun, Generasi Muda China Enggan Berkeluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT