ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jun 2012 18:01 WIB

Ulasan Khas

Benarkah Sembarangan Pilih Parfum Bisa Bikin Badan Makin Bau?

Putro Agus Harnowo - detikHealth
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta -

Bau badan memang tidak mematikan, tapi bisa mematikan pamor dan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Orang yang berbau badan jelas dijauhi banyak orang karena mengganggu penciuman. Menggunakan deodoran dan parfum bisa mengatasi gangguan ini. Namun ada kalanya parfum justru membuat bau badan bertambah busuk, benarkah demikian?

Beberapa jenis parfum konon tidak tepat digunakan untuk menyamarkan bau badan. Bukannya mengharumkan badan, bau parfum justru berbaur dengan bau badan menghasilkan aroma baru yang lebih menyengat. Tapi tidak semua orang mengalami hal ini.

"Parfum tidak menyebabkan bau badan bertambah buruk, itu hanya mitos. Parfum apapun cocok dipakai, terutama apabila dilengkapi dengan memakai deodoran," kata dr Dani Djuanda Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang berpraktik di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading seperti dihubungi detikHealth, Rabu (13/6/2012).

Salah kaprah ini diduga karena si penderita bau badan kurang cerdas dalam menggunakan parfum. Parfum harusnya disemprotkan paling lama 15 setelah mandi, bukan saat badan sudah berkeringat. Untuk pilihan aromanya, pemakai parfum bisa menyesuaikan dengan seleranya masing-masing.

"Jika ada orang yang tidak cocok dengan parfum, itu lebih disebabkan karena alergi dengan parfumnya," kata dr Dani.

Dr Dani menyarankan, pemilik bau badan sebaiknya rajin menyemprotkan parfum setiap selesai mandi. Deodoran dan parfum sebaiknya digunakan saat tubuh baru dibersihkan dan dalam keadaan kering. Apabila parfum baru digunakan setelah badan berkeringat dan bau, maka bau parfum tidak cukup efektif untuk menyamarkan bau badan.

Parfum juga sebaiknya disemprotkan pada kulit, bukan baju. Sebab, parfum yang disemprotkan pada kulit aromanya akan menempel ke kulit dan lebih efektif menangkal bau badan. Parfum yang disemprotkan pada baju terkadang menimbulkan bekas kekuningan. Menggunakan parfum secara berlebihan justru akan menimbulkan bau menyengat dan membuat orang lain merasa tidak nyaman.

 

 

 

 

(pah/ir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT