Rabu, 25 Jul 2012 14:28 WIB

Ulasan Khas Tobat Merokok

Yang Bikin Orang Merokok Lagi Setelah Bisa Berhenti

- detikHealth
(Foto: Thinkstock)
Jakarta - Berhenti merokok bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan, karena itu tak jarang banyak orang terjerumus untuk merokok lagi. Ini dia beberapa hal yang bisa bikin orang merokok lagi.

"Keinginan untuk merokok lagi pasti ada, misalnya jika ia bertemu dengan teman di kantor atau komunitasnya yang menawari rokok maka bisa membuatnya merokok lagi meski ia sudah berhenti total," ujar Dr Nancy Tobing Hutabarat, SpP, FCCP, MARS, dokter ahli paru RSUD Pasar Rebo Jakarta, saat dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (25/7/2012).

Dr Nancy menjelaskan hal yang paling utama membuat orang kembali merokok lagi adalah karena pengaruh dari adiksi nikotin yang ada serta gaya hidupnya misal masih suka bergabung dengan komunitas yang banyak merokok.

"Nikotin di dalam rokok yang bikin orang jadi kecanduan, dan gangguan serta adiksi dari nikotin ini seperti heroin dan juga kokain," ujar Dr Nancy yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Paru Indonesia.

Hal lain yang bisa memicu orang untuk merokok lagi adalah kurangnya dukungan dari orang-orang disekitarnya termasuk teman dan keluarga, karena melihat atau mencium bau rokok saja sudah bisa menggoda orang untuk kembali merokok.

Salah satu hal yang bisa membuat orang terbebas dari rokok adalah caranya mengubah pola pikir tentang kebiasaan buruknya ini. Misalnya jika seseorang berhenti merokok karena alasan tertentu seperti stres maka suatu saat nanti ia bisa saja kembali merokok jika bertemu dengan pemicu potensialnya ini.

Selain itu pendidikan dan pengetahuan yang dimiliki tentang rokok dan bahayanya menjadi bagian yang penting saat seseorang mencoba untuk bebas dari kecanduannya ini. Serta dibutuhkan kesabaran dari dirinya sendiri terutama jika perasaan ingin menyerah atau merokoknya muncul lagi.

Jika sampai kambuh lagi, sebaiknya tetaplah berpikir positif dan kumpulkan kembali semangat untuk terus mencoba berhenti merokok. Ini karena manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan berhenti merokok sangat layak dan patut untuk diperjuangkan.

"Bagi saya orang yang merokok itu tidak berpendidikan, karena kalau ia berpendidikan maka ia nggak akan merokok dan tidak akan merusak dirinya sendiri dan lingkungannya," ujar Dr Nancy.


(ver/ir)