Rabu, 21 Nov 2012 15:01 WIB

Ulasan Khas Pubertas Dini

Malu Saat Menstruasi Pertama Datang Terlalu Cepat

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Umurnya baru 9 tahun, tapi Mawar sudah mendapat menstruasi pertamanya. Saat itu, dia satu-satunya siswa kelas 4 di kelasnya yang sudah menstruasi. Mendapati dirinya sedikit berbeda dari teman-temannya membuat Mawar malu.

"Malu juga sih karena teman-teman belum ada yang menstruasi. Makanya saya nggak bilang ke teman-teman yang lain, cuma ke keluarga saja," tutur Mawar kepada detikHealth, Rabu (21/11/2012).

Apalagi saat itu, tante-tantenya membandingkan kondisi mereka dengan mawar. Mereka mengatakan baru mendapat menstruasi pertama saat sudah duduk di bangku SMP.

"Untungnya waktu kelas 5 mulai ada teman yang juga sudah menstruasi, jadi sudah tidak terlalu malu lagi," imbuh perempuan 29 tahun ini.

Perkembangan fisik Mawar mulai menunjukkan perubahan saat dirinya duduk di kelas 2 SD. Saat itu payudaranya yang masih rata terasa sakit. Namun jika diraba ada sesuatu yang membuat sakit. Ternyata saat itulah payudara Mawar mulai tumbuh.

Menurut Mawar, saat kecil dulu dirinya bertubuh subur dan berperawakan bongsor. Sekali makan, Mawar sanggup menghabiskan dua piring nasi.

"Makannya sih seimbang dengan lauk yang variatif dan sayuran, tapi memang saya porsi makannya banyak. Mama saya pintar masak, jadinya saya suka makan," terangnya sambil tertawa.

Diana, salah seorang mahasiswi di kota Bandung juga menuturkan pengalaman temannya yang mendapat menstruasi pertama lebih cepat dibanding yang lain. Teman Diana juga mendapat menstruasi pertama di umur 9 tahun.

"Anaknya cuek, jadi dia cuek-cuek saja dapat menstruasi lebih cepat," ucapnya.

Yang unik, ada teman masa kecil Diana yang justru ingin lebih cepat dewasa. Gadis kecil itu ingin cepat-cepat memiliki dada besar seperti perempuan dewasa.

"Malah dia waktu itu pakai kaos ketat dan sudah pakai bra. Karena aneh, dia jadi nggak punya teman dan jadi bahan omongan," tutur Diana.

(vit/up)