Rabu, 06 Mar 2013 12:59 WIB

Seluk-beluk Operasi Plastik

Bukan dari Ember, Inilah Bahan untuk Operasi Plastik

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Namanya memang operasi plastik, tapi bukan berarti bahan untuk operasinya adalah ember dan barang-barang plastik lainnya. Lalu bahan seperti apa yang digunakan untuk operasi plastik?

dr. Aditya Wardana, SpBP, dokter dari Divisi Bedah Plastik, Departemen Ilmu Bedah FKUI/RSCM menjelaskan untuk pembentukan kelopak mata atau menghilangkan keriput tidak dibutuhkan bahan-bahan yang khusus. "Jadi hanya dengan pembentukan dan penarikan kulit pada wajah saja," terangnya saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (6/3/2013).

Sedangkan untuk mengoperasi plastik hidung atau payudara harus menggunakan implan. Implan terdiri dari dua yaitu implan padat dan cair.

"Implan padat ini adalah bahan yang awalnya digunakan untuk rekonstruksi dan dikembangkan menjadi bahan untuk operasi plastik estetika," lanjut dr Aditya.

Penggunaan silikon padat untuk operasi plastik biasanya digunakan untuk implan hidung, dagu, dan pipi. Untuk memperbaiki bentuk hidung umumnya juga digunakan implan dari tulang rawan yang ditransplantasi dari tubuh sendiri.

Di Eropa, transplantasi dari tubuh sendiri banyak dipakai untuk rekonstruksi cacat genetik seperti tulang mulut yang bersatu dengan hidung. Namun kemudian di beberapa negara hal ini berkembang sebagai operasi plastik.

Untuk implan payudara atau betis biasanya digunakan silikon berbentuk gel dalam wadah silikon padat. Implan berisi garam fisiologis menjadi salah satu alternatif untuk memperindah payudara. Namun kekurangannya silikon ini mudah berkerut dan bocor.

Implan untuk payudara yang lembut dan fleksibel sehingga mudah dibentuk adalah yang berisi gel silikon padat. Sedangkan implan payudara yang paling mutakhir adalah implan berisi gel silikon yang kohesif atau gummy bear breast implant.

(vit/up)