Rabu, 10 Apr 2013 12:34 WIB

Ulasan Khas Melahirkan Sehat

Ini Plus Minus Melahirkan Secara Normal

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Ilustrasi (Foto: thinkstock) Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Di perkotaan besar, metode persalinan secara caesar lebih banyak dipilih ibu-ibu hamil karena dianggap tidak sakit dan tidak merusak bentuk organ intimnya. Padahal tanpa adanya komplikasi medis, persalinan normal jauh lebih baik.

Perempuan-perempuan zaman dahulu lebih banyak yang bersalin secara normal per vaginam (melalui jalan lahir vagina) karena dianggap cara alamiah. Namun sekarang banyak perempuan hamil yang ngotot melakukan operasi caesar tanpa indikasi medis yang jelas, meskipun harganya jauh lebih mahal dan risiko kematian lebih tinggi.

"Keuntungan ibu yang melahirkan secara normal secara mental akan lebih menghargai bagaimana perjuangan seorang ibu, proses pemulihan lebih cepat," jelas Dr Frizar Irmansyah, SpOG, dokter kandungan dari RS Pusat Pertamina kepada detikHealth, seperti ditulis Rabu (9/4/2013).

Selain untuk ibu, persalinan normal juga lebih bermanfaat untuk sang bayi. Saat berada di dalam rahim, paru-paru bayi terendam oleh air ketuban, sehingga saat melewati jalan lahir paru-paru tersebut akan 'diperas'.

Proses ini sebenarnya tidak terlalu signifikan perbedaannya dengan bayi yang dilahirkan melalui operasi caesar, namun Dr Frizar mengatakan manfaatnya akan lebih baik bila bayi dilahirkan secara normal.

Untuk sisi negatif, Dr Frizar menjelaskan bahwa melahirkan secara normal umumnya tidak memiliki kerugian, selain rasa nyeri persalinan yang dirasakan ibu saat mengedan.

"Jika masyarakat beranggapan vagina akan melebar setelah melahirkan secara normal, maka hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan senam Kegel," tutupnya.



(mer/up)
News Feed