Rabu, 10 Apr 2013 17:05 WIB

Ulasan Khas Melahirkan Sehat

Setelah Melahirkan, Jangan Lupa Inisiasi Menyusui Dini!

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta -

Menyusui tentunya menjadi langkah awal setelah melalui proses persalinan. Saat ini adalah saat yang sangat penting untuk mengikat tali ikatan kasih antara ibu dan anak pertama kali.

Dengan menyusui, ibu akan memberikan banyak manfaat bagi bayinya. Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), MARS yang diwawancara detikHealth dan ditulis pada Rabu (10/4/2013), menegaskan bahwa Inisiasi Menyusui Dini (IMD) harus secepatnya diberikan.

"IMD harus secepatnya diberikan. Begitu melahirkan anak akan segera ditaruh di dada ibu untuk mencari puting susu ibu sendiri, inilah hubungan cinta kasih pertama antara ibu dan anak," ucapnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh dr Utami Roesli, SpA. Dokter anak yang juga konselor laktasi ini menambahkan bahwa IMD harus dilakukan minimal 1 jam.

"Proses menyusui harus dilakukan secepatnya, begitu lahir potong tali pusar, langsung taruh di dada ibunya. Kulit ibu dan anak harus bersentuhan. Proses ini minimal berlangsung 1 jam, ini minimal ya," tegasnya.

Dokter anak yang berpraktik di Rumah Sakit St Carolus Salemba ini juga menjelaskan bahwa menurut penelitian IMD dapat mengurangi kematian anak karena kedinginan. IMD juga membantu detak jantung anak dan pernafasannya lebih baik.

Namun, masih sangat disayangkan beberapa ibu kerap kali menolak untuk menyusui anaknya dengan berbagai alasan. Nah, ibu jangan lupa untuk memberikan IMD, mari gencarkan kembali pemberian ASI pada bayi Anda.

(up/up)