Rabu, 24 Apr 2013 16:01 WIB

Ulasan Khas Detoks

Agar Aman, Lakukan Ini Sebelum Memulai Detoks

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Topik Hangat Ulasan Khas Detoks
Jakarta - Detoksifikasi alias detoks sebenarnya sudah lama dikenal, namun belakangan banyak dibicarakan dan bahkan dilakukan. Metode pembersihan tubuh dengan cara detoks sebenarnya masih menjadi perdebatan. Namun jika ada orang yang mau melakukannya, apa saja yang harus diperhatikan agar aman?

"Prinsip utamanya adalah mau konsultasi ke dokter," ujar dr Phaidon L. Toruan, praktisi hidup sehat, saat dihubungi oleh detikHealth, dan ditulis pada Rabu (24/4/2013).

Menurut dr Phaidon, saat ini masih banyak orang yang tidak paham secara fisiologis bagaimana proses kerja tubuh akibat efek detoks yang dilakukan. "Dengan konsultasi ke dokter, maka akan dapat diberikan masukan detoks jenis apa yang bisa diberikan ke pasien," sambung dr Phaidon.

Dijelaskannya, aman atau tidaknya detoks tergantung pada kondisi fisik pasien dan apa tujuan dilakukannya detoks. Jika pasien ingin memperbaiki sistem pencernaan, maka dilakukan detoks colon, dan sebagainya.

"Jika sudah konsultasi ke dokter yang memang berkompetensi, maka bisa dipastikan prosesnya aman," imbuhnya.

Untuk memulai detoks sebenarnya membutuhkan waktu. Seperti dirangkum detikcom dari berbagai sumber, sebelum memulai melakukan detoks, pasien hendaknya tidak mengonsumsi kafein dan makanan dengan kadar gula tinggi. Sebagai gantinya, pasien sebaiknya mengonsumsi makanan segar alias bukan makanan kemasan. Namun apapun persiapannya, hendaknya konsultasikan dulu dengan dokter yang berkompeten.

(vit/vit)
Topik Hangat Ulasan Khas Detoks