Rabu, 08 Mei 2013 09:03 WIB

Perawatan Bayi Baru Lahir

Jangan Ketinggalan, Ini Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
(Foto: thinkstock)
Jakarta -

Layaknya bertempur di medan perang, mengasuh bayi membutuhkan kesiapan mental dan material. Sebelum berniat merawat bayi, sebaiknya persiapkan dulu daftar belanjaan yang harus ada ketika si buah hati terlahir di dunia. Berikut adalah rinciannya.

"Perlengkapan bayi umumnya pakaian, baju hangat, dan perlengkapan mandi. Yang penting diingat oleh ibu adalah selalu berikan produk kesehatan yang memang khusus untuk bayi, jangan pernah memberikan produk dewasa pada bayi karena kulitnya belum cukup untuk menerima bahan-bahan kimianya," terang dr Aditya Suryansyah, SpA(K) kepada detikHealth seperti ditulis rabu (8/5/2013).

Satu hal yang tak boleh terlupa, dr Aditya yang merupakan dokter spesialis anak di RSAB Harapan Kita dan RSIA Buah Hati Ciputat ini mewanti-wanti untuk menyiapkan selimut karena bayi rentan kedinginan. Bayangkan saja, suhu di dalam kandungan ibu adalah sekitar 37 derajat celcius, sedangkan suhu ruangan adalah 27 derajat celcius

Oleh sebab itu, bayi baru lahir sebaiknya dikondisikan agar tubuhnya selalu hangat. Senada dengan anjuran tersebut, dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA (K) menjelaskan bahwa kedinginan dapat membuat bayi mengalami hipotermia. Bila terjadi pada bayi prematur, maka bisa menyebabkan apno, yaitu kondisi yang membuat bayi lupa bernapas.

"Bayi dengan berat badan di bawah 2,5 kg lebih rentan untuk hipotermi atau kondisi tubuh dimana suhunya rendah, sehingga selalu berikan selimut dan baju hangat," jelas dr Piprim yang merupakan dokter anak di RSCM dan RS Hermina, Bekasi.

Adapun amunisi yang perlu disediakan untuk bayi seperti dikutip dari buku 'Rahasia Ibu Pintar: Panduan Merawat Bayi Pasca Persalinan Sampai 12 Bulan' yang ditulis Nini Umi Nazwa adalah sebagai berikut:

a. Pakaian anak
Pakaian anak meliputi popok, bedong, gurita, baju, celana, sarung tangan dan sarung kaki untuk kehangatan bayi dan topi bayi.

b. Perlengkapan tidur
Perlengkapan tidur anak meliputi baby box, kasur, bantal, guling, perlak karet (plastik), selimut, kelambu dab bed cover.

c. Peralatan mandi
Peralatan mandi meliputi sabun, sampo, baby oil, waslap, bak mandi, mainan mandi, topi keramas, handuk anak, serta tempat sabun.

d. Perlengkapan susu
Perlengkapan susu meliputi botol susu, steam sterilizer, sikat botol, bottle warmer, container susu dan thermos botol.

e. Tas anak
Meliputi tas, baby holder, gendongan anak dan bottle keper.

f. Perlengkapan kesehatan dan kebersihan
Meliputi sisir, cotton bud, kain kasa, sikat lidah, kapas steril, thermometer badan, gunting kuku, peniti dan sedotan ingus.

g. Perlengkapan kecantikan
Meliputi bedak talk, compact powder.

(pah/vit)