Rabu, 08 Mei 2013 11:36 WIB

Perawatan Bayi Baru Lahir

Masih Sensitif, Bolehkah Bayi Baru Lahir Pakai 'Kosmetik'?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
(Foto: thinkstock)
Jakarta - Tak kalah dengan orang dewasa, berbagai kosmetik pun kini banyak dipasarkan untuk bayi yang baru lahir. Dengan kulitnya yang masih sangat sensitif, sebenarnya amankah bayi menggunakan produk kosmetik?

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang masih sangat sensitif. Ditambah lagi dengan kekebalan tubuhnya yang belum sempurna, membuat penanganan bayi menjadi sangat ekstra.

Namun belakangan di pasaran banyak ditemukan berbagai merek produk kosmetik bayi, mulai dari bedak, krim, body lotion, baby oil, baby cologne, sunblock, sabun, sampo, hair lotion, dan lainnya.

Produk-produk tersebut umumnya sudah memiliki formula yang memang dikhususkan untuk kulit bayi yang sensitif. Bahannya lebih lembut dibandingkan dengan produk kebersihan untuk dewasa, sehingga terbilang aman untuk si kecil.

"Tidak masalah jika memang ibu ingin memberikan produk kebersihan seperti sabun, sampo, lotion, bedak, atau parfum, asalkan produk yang diberikan memang khusus untuk bayi. Saat ini sudah banyak dijual produk-produk seperti itu," tutur dr Aditya Suryansyah, SpA(K), dokter anak dari RSAB Harapan Kita ketika dihubungi detikHealth, Rabu (8/5/2013).

Namun dr Adit mengingatkan, memilih produk bayi yang aman tentu saja harus dilihat apakah produk tersebut memang untuk bayi atau bukan. Jika setelah pemakaian kulit bayi memerah, maka kemungkinan bayi sensitif terhadap produk tersebut dan segera hentikan penggunaannya.

"Konsultasikan dengan dokter jika kondisi tersebut masih ada walaupun pemakaian produk sudah diganti atau dihentikan," tutup dokter yang juga berpraktik di RSIA Buah Hati Ciputat, Jakarta.

(mer/vit)