Rabu, 22 Mei 2013 19:07 WIB

Ulasan Khas Mata Sehat

Ini Gangguan Mata yang Bisa Dialami Ibu Hamil

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
(Foto: thinkstock)
Jakarta - Ibu hamil berisiko memiliki banyak sekali gangguan pada tubuh akibat perubahan hormon dan kehamilan yang semakin membesar. Selain anemia, cepat lelah, sesak nafas, dan tiroid, ibu hamil juga kerap mengalami gangguan pada penglihatannya.

"Pada ibu yang sedang hamil kadang-kadang kondisi refraksi sedikit berubah atau pada ibu dengan kelainan seperti pre-eklampsia atau diabetes. Nah, hal ini bisa menyebabkan terjadinya gangguan retina," jelas dr Gitalisa Andayani SpM, dokter spesialis mata Departemen Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo Kirana ini dalam perbincangan dengan detikHealth, Rabu (22/5/2013).

Untuk itu, jika ibu mengalami gangguan pada penglihatan ketika mengandung sebaiknya segera periksakan ke dokter. "Kontrol kehamilan secara teratur. Laporkan ke dokter bila ada gangguan penglihatan supaya dirujuk ke doktermata untu penangannan lebih lanjut," tutur dr Gita.

Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan lebih lanjut yang menyebabkan robeknya retina. Menurut dr Gita ketika retina robek keadaannya tidak akan bisa kembali seperti semula.

"Umumnya tidak bisa kembali seperti semua dan perlu tindakan. Sehingga, ibu harus waspadai gejala gangguan retina seperti melihat floaters," ujar dr Gita.

Selain itu, gejala gangguan retina dapat berupa mendadak terlihat bintik atau serabut melayang, melihat kilat atau flash tiba-tiba, atau pandangan terhalang sebagian. Nah, jika Anda mengalami gangguan mata seperti ini jangan dibiarkan, segeralah kunjungi dokter mata terdekat.

(vit/vit)