Rabu, 26 Jun 2013 12:02 WIB

Ulasan Khas Sunat

Ini Dia Metode-metode dan Biaya Sunat Anak

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Topik Hangat Ulasan Khas Sunat
Jakarta -

Seturut dengan perkembangan medis zaman ke zaman, saat ini sunat atau khitan tak lagi menakutkan. Kalau dahulu metodenya hanya satu yaitu dengan gunting dan perkakas lainnya, kini setiap klinik sunat memiliki teknik dan juga alat-alat canggih.

Namun, berbeda tindakan berbeda juga harganya. Nah, seperti dirangkum oleh detikhealth dan ditulis pada Rabu, (26/6/2013) ini dia berbagai metode dan biaya yang dapat dipersiapkan sebelum melakukan sunat.

A. Sentra Sunat Indonesia, Jl Kranggan Permai No 42 D Alternatif Cibubur, Bekasi

1. Konvensional (Rp 600.000): Metode tradisional ini adalah metode yang sudah ada sejak jaman dulu yaitu dengan menggunakan gunting.

2. Elektrik couter (Rp 600.000) : Pemotongan atau pengangkatan kulit dengan menggunakan kawat yang sudah panas, gunannya untuk mematikan pembuluh darah. Tapi sayangnya, tindakan ini tidak mematikan seluruh pembuluh darah besar. Elektrik couter dapat disebut juga atau lebih dikenal dengan laser. Pasien yang menggunakan teknik ini masih harus menggunakan perban setelahnya, sehingga tidak boleh mandi.

3. Smart clamp (Rp 850.000): Dengan menggunakan alat tabung yang ditempelkan kepada penis pasien. Dengan metode smart clamp, pasien dapat langsung beraktivitas dan metode ini praktis.

B. Seno Medika Klinik Khitan Jl A Yani Cicadas, Bandung

Alis clamp (Rp 850.000): Seperti yang sudah dikatakan, alat ini memiliki kelebihan yaitu menyesuaikan dengan bentuk kepala penis sehingga hasilnya lebih bagus. Caranya dengan menempelkan klem pada kepala penis, lalu kulit yang menonjol di luar tabung di gunting sedikit. Darah yang dikeluarkan sangat minim dan pasien dapat langsung beraktivitas, justru diharuskan untuk langsung mandi.

C. Rumah Sunatan, Jl Jatiasih Raya No 7, Jatiasih, Bekasi

1. Clamp (Rp 1.050.000): Harga ini termasuk obat dan tindakan dokter serta biaya kontrol untuk melepas clamp setelah 4 hari. Namun, jika anak tak mau diberi obat setiap hari dan ingin datang ke klinik setiap hari untuk kontrol tak akan dikenakan biaya lagi. Tindakannya hanya 5 menit dan anak dapat langsung beraktivitas.

2. Tindakan Khusus anak gemuk (Rp 1.950.000): Teknik ini adalah penggabungan teknik konvensional dan couter. Teknik khusus yang dikerjakan dokter bedah inilah yang membuat harganya cukup mahal, tetapi tindakan ini akan membuat kulup pada anak gemuk tidak kembali lagi. Untuk tindakan menggunakan couter, dr Mahdian Nur Nasution, SpBS, spesialis bedah mengungkapkan bahwa alat ini tak bisa sembarangan.

"Couter adalah elemen logam yang dipanaskan. Alat ini bagus jika digunakan oleh dokter yang tepat, harus ahli seperti dokter bedah, sebab dokter bedah tidak bisa lepas dari couter untuk mematikan pembuluh darah biar tidak bleeding terus. Tetapi, kalau dipakai dokter umum kemudian kurang pengalaman bisa menyebabkan luka bakar," jelasnya.
 
Ia menambahkan sebagian besar kasus yang bisa menyebabkan penis harus diamputasi adalah karena penggunaan couter yang tidak tepat.

Rumah sunatan juga melayani sunat untuk orang dewasa. Ada satu ruangan khusus untuk orang dewasa yang ingin bersunat. Namun biayanya berbeda.

"Untuk orang dewasa biayanya sekitar Rp 1,7 juta. Hal ini karena kondisinya beda dengan anak-anak, di mana orang dewasa jumlah jahitannya lebih banyak. Apalagi di sini langsung ditangani ahli bedah," terang Humas Rumah Sunatan, Sigit Sulistiono.

(vit/vit)
Topik Hangat Ulasan Khas Sunat