Rabu, 14 Agu 2013 11:05 WIB

Sehat Memilih Alas Kaki

Ukuran Kaki Berubah-ubah, Sore Hari Waktu Terbaik untuk Beli Sepatu

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kaki merupakan bagian tubuh terbawah yang paling banyak menjadi tumpuan ketika seseorang beraktivitas. Kondisi ini ternyata bisa membuat ukuran kaki berubah-ubah. Jika ingin membeli sepatu, sebaiknya lakukan di sore hari.

"Iya benar, makanya kalau beli sepatu waktu terbaik yaitu sore hari," jelas dr Meidy H Triangto, Sp.KFR (Kid's Foot Rehabilitation Center) dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, saat dihubungi detikHealth, ditulis Rabu (14/8/2013).

Menurut dr Meidy, ukuran kaki seseorang mencapai ukuran yang paling melar pada saat sore hari, meskipun bedanya tidak terlalu jauh dengan ukuran saat pagi hari.

Hal ini dikarenakan saat sore hari seseorang sudah beraktivitas, sehingga membuat peredaran darah juga menjadi lancar. Lancarnya peredaran darah inilah yang membuat ukuran kaki menjadi lebih melar. Terutama untuk orang yang lanjut usia, dr Meidy menyarankan sebaiknya diperhatikan saat membeli sepatu karena perbedaan rentang ukuran bengkak kaki akan lebih besar.

Namun menurut dr Haidir Suleiman, MM, Sp.RM, waktu yang tepat untuk membeli sepatu sebenarnya tergantung pada jenis sepatunya yang akan digunakan. Sore hari biasanya lebih cocok digunakan untuk membeli sepatu olahraga.

"Tergantung bentuk sepatunya, kalau sepatu olahraga okelah dipilih waktu sore hari. Tapi kalau kayak sepatu kerja atau untuk pergi-pergi itu kalau terlalu longgar malah jadi kapalan kakinya. Cara pilihnya harus yang longgar supaya kaos kaki bisa masuk," tutur dr Haidir Suleiman, MM, SpRM, dari Departemen Rehabilitasi Medik RS Puri Indah.

(mer/vta)