Rabu, 20 Nov 2013 10:11 WIB

Asah Kreativitas dengan Mainan

Memilih Mainan untuk Anak Usia 3-5 Tahun

- detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Seiring bertambahnya usia, mainan anak juga pasti berbeda dengan sebelumnya. Sebab kemampuan anak juga mulai bertambah. Apalagi mainan yang tepat akan mengasah kreativitas anak dengan lebih maksimal. Jika punya anak usia 3-5 tahun, bagaimana memilih mainan yang tepat untuk mereka?

"Anak 3-5 tahun sebaiknya yang lebih banyak berupa aktivitas fisik untuk mengembangkan motorik halus dan kasar ya. Sifatnya yang lebih manipulatif, lebih pakai aturan," ujar psikolog anak dan keluarga RS Pondok Indah, Roslina Verauli M.Psi, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (20/11/2013).

Perempuan yang akrab disapa Vera ini mencontohkan jenis permainan yang pas untuk anak 3-5 tahun antara lain sepakbola, mainan pura-pura jadi kakak dan adik, serta main masak-masakan. Selain itu juga permainan yang lebih mengeksplor kemampuan secara fisik seperti lompat tali dan lari.

"Dan itu sebaiknya dilakukan di luar supaya dia juga bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar terutama teman-temannya," papar Vera.

Dihubungi terpisah, psikolog dan pengajar Universitas Mercubuana, Tika Bisono MPsiT.,Psi mengatakan untuk anak 3-5 tahun, sensorik halus sudah mulai dikembangkan. Karena itu orang tua bisa mengajarkan mainan yang mengandalkan sensorik halus misalnya memasukkan mainan ke lubang yang sama bentuknya.

"Tapi memang kecerdasan motorik dan sensorik tergantung usia makanya enggak bisa dipaksain. Anak usia 3-5 tahun lebih banyak ke main peran, mewarnai, menempel kertas, atau dia bisa menghias kertas atau benda-benda dengan pita, kertas origami, atau dengan bahan lainnya," jelas Tika.

Usia 3 tahun ke atas juga merupakan usia persiapan sekolah. Karena itu jangan lupa untuk mengajari anak cara memegang pensil dengan baik, berhitung sederhana, mandiri, serta berbagi dengan teman.


(vta/vit)