Kamis, 10 Jul 2014 12:15 WIB

Puasa Saat Hamil dan Menyusui

Perlukah Suplemen Tambahan Untuk Ibu Menyusui Saat Puasa?

- detikHealth
illustrasi (thinkstock)
Jakarta - Saat menyusui tentunya ibu ingin memberikan Air Susu Ibu (ASI) dengan kualitas terbaik untuk anak. Kini di bulan Ramadan, apakah ibu menyusui yang berpuasa perlu tambahan suplemen khusus agar ASI tetap lancar dan berkualitas?

Menurut para ahli, itu tidak perlu. dr Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM, mengatakan untuk menjaga kualitas dan kelancaran ASI seorang ibu hanya perlu menjaga asupan nutrisinya.

"Tidak ada suplemen khusus pada saat puasa. Seorang ibu menyusui harus lebih memerhatikan asupan makanannya agar ASI tetap terjaga," ujar dr Utami yang berpraktik di RS St Carolus Jakarta dan ditulis pada Kamis (10/7/2014).

Meski tidak ada suplemen khusus, ahli gizi Yona Shelly S.Gz mengatakan ibu menyusui dapat mengonsumsi kurma, madu, dan habbatussauda (jintan hitam) sebagai vitamin pelengkap saat berpuasa.

"Dengan meminum madu, kurma dan habbatussauda diharapkan kuantitas dan kualitas ASI tetap terjaga. Madu, kurma dan habbatussauda merupakan vitamin alami dan komposisinya lengkap," kata Yona.

Yona juga menyarankan untuk menjaga kualitas ASI, ibu dianjurkan mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Selain itu ia juga menyarankan untuk memperbanyak makanan kaya serat seperti buah dan sayur. Jika dirasakan perlu, ibu menyusui juga bisa mengonsumsi susu khusus ibu menyusui sesuai anjuran.

"Terkait manfaat susu khusus ibu menyusui, pada beberapa ibu bisa dibutuhkan karena nutrisi yang terkandung memang dibuat untuk melengkapi gizi ibu selama menyusui selain dari makanan sehari-hari," tutup Yona.

(up/up)