Rabu, 22 Okt 2014 14:06 WIB

Cara Sehat Tambah Berat Badan

Jangan Cuma Timbun Lemak, Badan Harus Gemuk Sehat Lewat Penambahan Otot

Hendika Sakti Pratama - detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Memiliki berat badan ideal adalah harapan dari sebagian besar orang. Terkait hal tersebut ada dua masalah yang bisa mengganggu orang yang ingin mencapai berat ideal, dirinya bisa terlalu gemuk atau bahkan terlalu kurus. Untuk seseorang yang terlalu kurus, para ahli mengatakan ada beberapa cara menggemukkan badan dengan sehat.

Secara umum cara untuk menggemukkan dan menurunkan berat badan pada dasarnya sama. Seseorang harus bisa menjaga keseimbangan konsumsi makanan dan tingkat aktivitasnya agar bisa mencapai bobot tubuh ideal. Namun, bukan berarti pada orang kurus yang ingin gemuk ia bisa sebanyak-banyaknya makan tanpa olahraga agar beratnya cepat naik.

Ahli gizi dari Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, mengingatkan agar tidak sembarangan menaikkan berat badan. Jika dilakukan sembarangan seseorang bisa saja mengalami kenaikkan berat badan tapi karena lemak yang bertumpuk.

"Menggemukkan badan yg sehat bagi remaja dan dewasa sdalah dg menambah masa otot secara proporsional bukan menambah massa lemak. Caranya dengan diet sehat dan aktifitas sehat secara teratur dan terukur," kata Prof Hardin kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (22/10/2014).

Hal serupa juga dikatakan oleh dr A.R Inge Permadhi, MS, SpGK, seorang pakar ilmu gizi dari Departemen Ilmu Gizi FKUI. Untuk seseorang bisa gemuk dengan sehat, ia harus bisa membentuk otot tubuh lewat olahraga dan pola makan yang diatur.

Jika seseorang tidak mengetahui pola makan dan olahraga yang ia harus jalani untuk memperoleh bobot tubuh, dr Inge menyarankan menemui dokter untuk meminta saran. Lewat pemeriksaan, dokter nantinya bisa memberikan aturan jadwal olahraga dan konsumsi makanan yang tepat.

"Nanti dokter akan menghitung berapa makanan dia, berapa kebutuhan makanan dia, seimbang atau tidak, olahraganya gimana, tingkat stresnya gimana, dilakukan juga pemeriksaan fungsi hati apakah masih baik untuk membentuk protein yang dibutuhkan tubuh dan sebagainya," papar dr Inge.

Protein merupakan zat yang penting dalam upaya menambah bobot badan karena ia dibutuhkan tubuh untuk membentuk otot. Protein diketahui banyak dikandung pada bahan makanan daging-dagingan serta kacang-kacangan.

Praktisi hidup sehat, dr Phaidon L Toruan, MM, mengatakan bahan makanan lainnya yang dapat mempercepat menaikkan bobot badan adalah dengan susu mengandung whey.

(vit/vit)