Rabu, 29 Okt 2014 15:33 WIB

Ulasan Khas Gatal-gatal

Lembab dan Rambut Kemaluan Tak Dirawat Picu Gatal-gatal di Alat Kelamin

- detikHealth
Jakarta - Seperti anggota tubuh lainnya, gatal-gatal pun kerap menyerang alat kelamin baik pria maupun wanita. Pakar mengatakan bahwa biasanya, penyebab utama gatal-gatal di daerah kelamin adalah jamur.

"Kelembaban dan aktivitas kelenjar lemak di sekitar kelamin merupakan penyebab utama jamur yang mengakibatkan gatal-gatal," tutur dr Dani Juanda, SpKK dari RSPAD Gatot Subroto ketika dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (29/10/2014).

Lebih lanjut, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Center Denpasar mengatakan bahwa kelembaban di daerah kelamin memang rawan menimbulkan jamur. Terlebih lagi jika rambut kemaluan tidak dirawat dan dijaga kebersihannya.

"Kalau daerah kelamin lembab karena tidak dikeringkan sebelum menggunakan pakaian ditambah rambut kemaluan tidak dirawat, dicukur atau dibersihkan ya jamur tumbuh subur di sana," tandasnya.

Selain menyebabkan jamur tumbuh subur, ada satu lagi penyebab gatal-gatal di kemaluan akibat rambut kemaluan tak dirawat. dr Nyoman mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan adanya kutu yang tinggal dan menetap di sekitar rambut kemaluan.

"Jika sudah begitu jangan digaruk. Nanti malah timbul iritasi yang dapat menimbulkan infeksi," sambungnya lagi.

Jika tak digaruk, lantas bagaimana mengatasi gatal-gatal di daerah kemaluan? Dokter yang juga anggota Himpunan Pengusaha Muda Bali ini mengatakan bahwa ada beberapa cara untuk mengatasi gatal di kelamin. Cara utama tentu saja menjaga kelamin tetap kering agar jamur tak tumbuh.

Cara kedua adalah mencukur bulu kemaluan agar daerah kelamin tidak lembab sekaligus memutus kemungkinan kutu untuk bersarang di sana. Namun jika gatal sudah tak tertahankan, dr Nyoman mengatakan menaburkan bedak yang mengandung menthol.

"Bedak yang mengandung menthol dapat memberikan sensasi dingin, sehingga rasa gatal dapat dikurangi," paparnya lagi.

Tentu saja jika cara-cara di atas sudah dilakukan namun gatal tetap berlanjut, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa penyebab pasti gatal tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya, tentu gatal dapat dihilangkan dengan obat yang tepat.

"Jadi kalau gatalnya karena jamur kita kasih obat jamur. Kalau gatalnya karena kutu kita kasih obat kutu. Pokoknya jangan digaruk karena kalau digaruk bisa menyebabkan iritasi dan memicu infeksi hingga bernanah," pungkasnya.

(mrs/vit)