Rabu, 14 Jan 2015 10:01 WIB

Tubuh Pendek

Tak Semua Orang Pendek Pasti Dwarfisme, Ini Ciri-cirinya

M Reza Sulaiman - detikHealth
Topik Hangat Tubuh Pendek
Jakarta - Dwarfisme atau kerdil adalah gangguan pertumbuhan yang diakibatkan oleh kekurangan hormon pertumbuhan atau growth hormone. Salah satu ciri utamanya adalah memiliki tinggi yang lebih pendek dari orang lain yang seusianya.

Namun pakar mengatakan bukan berarti semua orang yang tingginya di bawah rata-rata berarti terserang dwarfisme. dr Wismandari Wisnu, SpPD-KEMD dari FKUI-RSCM mengatakan bahwa selain pendek, orang yang mengidap dwarfisme juga mempunyai ciri lain yang khusus.

"Dwarfisme itu akan disertai gangguan metabolisme lainnya, misal gula darah sering rendah, suara dan muka yg imatur. Dalam artian tetap seperti anak-anak walaupun sudah dewasa," tutur dr Wismandari ketika dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (14/1/2015).

Ciri lain yang menyertai pengidap dwarfisme adalah tingginya yang hanya 120 hingga 140 cm. Hal ini terjadi akibat kurangnya hormon pertumbuhan yang menyebabkan proses pematangan tulang menjadi terhambat.

Kondisi genetik juga menjadi salah satu pertimbangan sebelum menentukan apakah seseorang mengalami dwarfisme atau stunting. dr Em Yunir, SpPD, KEMD dari Divisi Metabolik Endokrin FKUI mengatakan bahwa jika memang dari segi genetik keluarga orang tersebut pendek, maka orang tersebut tidak termasuk dalam golongan pengidap dwarfisme ataupun stunting.

"Orang yang tubuhnya pendek itu kalau hormon pertumbuhannya normal, tapi tubuhnya tetap pendek, bisa jadi karena faktor keturunan ini tidak masuk dalam golongan dwarfisme, masa jika gennya pendek mau memaksakan memiliki tinggi 170 cm," urainya ketika dihubungi terpisah.

Faktor lain yang harus dilihat adalah kecukupan gizinya. Pakar tumbuh kembang anak dari FKUI-RSCM, Dr dr Aman Bhakti Pulungan, SpA(K) mengatakan bahwa jika seseorang pendek karena kekurangan gizi, bisa jadi itu bukan dwarfisme. Melainkan penyakit lainnya yang disebut stunt growth atau stunting.

"Makanya kita harus jangan hanya melihat stunting karena dia pendek. Hitung indeks masa tubuh, berat badan, dan tinggi badan semuanya kita nilai jadi tahu kalau dia stunting murnia dia harusnya pendek, kurang gizi, dan kejadiannya berat badan turun," tandas dr yang baru saja meraih gelar doktoralnya untuk penelitian manusia pigmi di Flores tersebut.

(rsm/up)
Topik Hangat Tubuh Pendek
News Feed