Rabu, 25 Feb 2015 19:02 WIB

Diet Golongan Darah

Dibanding Diet Golongan Darah, Diet Seperti Ini Lebih Disarankan Dokter

Firli Isnaeni - detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Diet golongan darah diyakini efektif menurunkan berat badan. Namun karena tidak didukung bukti ilmiah, diet ini kurang direkomendasikan oleh para dokter gizi. Ada diet lain yang lebih sehat untuk dilakukan.

"Yang baik ya diet rendah kalori. Maksimal 1.000-1.500 kalori per hari, dilakukannya secara bertahap," kata dr Nurul Ratna Manikam, SpGK dari RS Cipto Mangunkusumo, seperti ditulis Rabu (25/2/2015).

Pada orang-orang dengan obesitas, asupan makanan biasanya mencapai 2.000 kalori perhari. Memangkas asupan kalori secara drastis akan terasa sulit, oleh karenanya dianjurkan untuk melakukannya secara bertahap hingga mencapai target 1.000-1.500 kalori per hari.

Baca juga: Diet Mayo di Indonesia, Masih 'Belok' dari Versi Aslinya

Sementara itu, dr Inge Permadhi, MS, SpGK dari Siloam Hospital menyarankan untuk mengurangi secara bertahap antara 500-1.000 kalori perhari. Target akhir bisa berbeda-beda, misalnya 1.200-1.500 kalopri per hari pada perempuan dan 1.500-2.000 kalori pada laki-laki.

Selain membatasi kalori, perlu diingat juga agar asupan nutrisi tetap seimbang. Menu makanan sebaiknya bervariasi agar nutrisinya lengkap.

Diet apapun yang dipilih, jangan lupa olahraga secara teratur tetap perlu dilakukan. Olahraga maupun aktivitas fisik lainnya penting untuk memicu pembakaran kalori, sehingga tidak menumpuk sebagai lemak.

"Jangan lupa lakukan gerak tubuh untuk membakar lemak yang ada," pesan dr Titi Sekarindah, MS, SpGK dari RS Pusat Pertamina.

Baca juga: 6 Diet 'Termanjur' Tahun Ini: Diet OCD Hingga Diet Mayo

(up/ajg)