Rabu, 29 Apr 2015 18:07 WIB

Ulasan Khas Kacamata

Rabun Ayam, Bisakah Dibantu dengan Menggunakan Kacamata?

Diza Liane Syahputri - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Getty Images) Ilustrasi (Foto: Getty Images)
Topik Hangat Ulasan Khas Kacamata
Jakarta - Rabun senja atau rabun ayam (nyctalopia) adalah sebuah penyakit mata yang menyebabkan pengidapnya kesulitan melihat jika kekurangan sumber cahaya. Nah, bisakah pengidap rabun ayam atau rabun senja dibantu dengan menggunakan kacamata?

Menurut ‎dr Syumarti, SpM(K), MSc, CEH, Kabid Pelayanan Medis RS Mata Cicendo Bandung, rabun senja harus dilihat dulu apa penyebabnya. Jika memang kondisi tersebut disebabkan karena kekurangan vitamin A, maka solusinya diberikan vitamin A.

"Kalau karena genetik, ya tidak bisa dibantu kecuali menggunakan lasik. Kalau ternyata ada minus atau plus, bisa menggunakan kacamata untuk mengoreksi rabun jauh atau dekatnya saja. Kalau kacamata untuk rabun ayam itu tidak ada, karena yang rusak itu retinanya jadi tidak bisa dibantu dengan kacamata," tutur dr Syumarti saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (29/4/2015).

Baca juga: Kacamata Pinhole Bisa Obati Mata Minus dan Plus, Benarkah?

Sependapat dengan dr Syumarti, dr‎ Gitalisa Andayani, SpM(K) selaku dokter spesialis mata Departemen Ilmu Kesehatan Mata FKUI-RSCM Kirana juga mengungkapkan bahwa rabun ayam adalah gangguan pada retina, sehingga tidak bisa serta merta dibantu oleh kacamata.

"‎Kalau kacamata paling hanya untuk mengoreksi minus atau plus yang ada di mata orang tersebut, tapi tidak untuk membantu gangguan retina. Harus cek dulu, lalu lihat dengan jelas penyebabnya apa baru bisa ditangani. Jadi sebaiknya konsultasi dulu ke dokter ahlinya ya," ujarnya.

Misalnya kemudian diketahui bahwa penyebab dari rabun ayam ini adalah kelainan pada retina seperti retina spigmentosa, maka harus diberikan kacamata khusus.

"Jadi kacamatanya itu sudah dibuat khusus, sehingga filter untuk tabir suryanya lebih kuat karna sinar UV atau sinar matahari dianggap mempercepat kerusakan pada mata. Ada gelombang cahaya tertentu yang membawa efek negatif memang pada mata," terang dr Gitalisa.

Baca juga: Meski Dikeluhkan 'Ini-Itu', Tapi Pakai Kacamata Itu Penting

(ajg/vit)
Topik Hangat Ulasan Khas Kacamata