Rabu, 06 Mei 2015 18:01 WIB

Kotoran di Rongga Telinga

Seperti Ini Warna Kotoran Telinga yang Normal

Andara Nila Kresna - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Konsistensi atau wujud kotoran telinga pada tiap orang bisa berbeda-beda, ada yang keras dan ada pula yang basah. Bukan cuma wujudnya yang bervariasi, warnanya pun ternyata beragam mulai dari yang paling pucat hingga paling gelap.

"Warna getah telinga yang baik itu dari warna kuning hingga cokelat tua atau kehitaman," kata dr Darnila Fachruddin, SpTHT-KL dari RS Bedah THT Prof Nizar, Jakarta, saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (6/5/2015).

Terkait dengan variasi warna kotoran telinga, ada anggapan bahwa hal itu dipengaruhi oleh kondisi kesehatan. Warna tertentu pada kotoran telinga bisa menunjukkan jenis penyakit yang sedang diderita oleh seseorang. Namun anggapan itu dibantah oleh dr Darnila.

"Karena telinga orang berbeda-beda maka warna getahnya akan pasti berbeda," katanya.

Baca juga: Jangan Asal Dikorek, Ini Metode Paling Aman Bersihkan Kotoran Kuping

Kotoran telinga sendiri sebenarnya berasal dari getah telinga yang normal dimiliki oleh semua manusia. Getah yang disebut serumen ini berfungsi melindungi telinga, dengan cara menangkap kotoran-kotoran yang masuk ke dalam rongga telinga.

Kotoran yang tertangkap oleh getah telinga akan menumpuk. Pada beberapa orang, penumpukan ini bisa menyumbat rongga telinga dan menyebabkan bau tidak sedap. Namun kabar baiknya, tumpukan kotoran ini pada umumnya bisa keluar dengan sendirinya.

Baca juga: Kotoran Bisa Keluar Sendiri, Telinga Tak Perlu Sering Dibersihkan


(up/vit)