Rabu, 03 Jun 2015 14:04 WIB

Ulasan Khas Hamil Muda

Hamil Muda, Perlukah Melakukan Pemeriksaan TORCH?

Andara Nila Kresna - detikHealth
Jakarta - Pemeriksaan TORCH untuk mencegah bayi lahir cacat dan keguguran kini semakin sering terdengar. Ada yang melakukan, namun tak sedikit juga yang menganggap pemeriksaan ini tak perlu dilakukan.

dr Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), pakar kandungan dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan pemeriksaan TORCH boleh-boleh saja dilakukan oleh ibu yang sedang hamil muda. Namun patut diingat, pemeriksaan TORCH tidak dikategorikan dalam pemeriksaan wajib.

"Kalau mau melakukan sih ya boleh, tapi harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Selain itu pemeriksaan ini juga belum dijadikan standar pemeriksaan kehamilan wajib dari Kementerian Kesehatan RI," tutur dr Dwiana, saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis Rabu (3/6/2015).

Baca juga: Catat, Ini Beragam Keluhan yang Kerap Dialami Ibu Hamil Muda

Dijelaskan dr Dwiana bahwa secara umum, ada 4 kali pemeriksaan fisik yang wajib dilakukan oleh ibu hamil. Pemeriksaan pertama dilakukan pada trimester pertama, pemeriksaan kedua pada trimester kedua dan pemeriksaan ketiga dan keempat di trimester terakhir.

Dalam pemeriksaan tersebut, ada beberapa hal yang wajib dipantau kondisinya. Beberapa di antaranya adalah hemoglobin, gula darah, pemeriksaan urine dan kemungkinan adanya virus hepatitis B. "Bahkan ada yang lebih penting yaitu risiko HIV," ungkapnya lagi.

Terakhir, ia juga meminta para calon ibu untuk tidak menyepelekan tes kesehatan sebelum pernikahan atau ketika sedang merencanakan kehamilan. Tak hanya melihat soal potensi penyakit dan risiko yang mengintai, tes kesehatan pra-hamil juga membantu mengurangi risiko keguguran dan penyakit lainnya.

"Waktu yang paling tepat untuk memeriksa adalah ketika seseorang merencanakan kehamilan. Harus memeriksa dengan seksama supaya jika ada kelainan bisa diketahui sejak dini," ujar dr Dwiana.

"Apakah ada komplikasi, hal-hal yang bisa membahayakan janin seperti mion dan kista lalu adakah kemungkinan untuk mengalami kehamilan didalam atau diluar kandungan. Namun biasanya pemeriksaan ini lebih ditujukan untuk melihat kesehatan calon ibu karena jika mau hamil ya harus periksa dulu.," pungkasnya.

Baca juga: Ini Alasan Perut Wanita yang Hamil Muda Tak Selalu Buncit





(rsm/up)