Rabu, 03 Jun 2015 20:12 WIB

Ulasan Khas Hamil Muda

Posisi Tidur yang Tepat Saat Hamil Muda

Nita Sari, Andara Nila Kresna, Andara Nila Kresna - detikHealth
Jakarta -

Ada banyak perubahan pada tubuh wanita saat sedang berbadan dua. Karena khawatir membahayakan jabang bayi di dalam rahimnya, banyak wanita bingung memilih posisi yang tepat untuk tidur saat sedang hamil muda.

"Posisi tidurnya bebas selama ibunya nyaman dan tidak terganggu," kata dr Gde Suardana, SpOG, seorang dokter kandungan dari RSAB Harapan Kita, seperti ditulis Rabu (3/6/2015).

Saat kehamilan masih berada pada trimester pertama, menurut dr Gde ukuran perut seorang wanita masih relatif kecil. Kondisi ini menunjukkan bahwa ukuran janin juga masih kecil, sehingga tidak terpengaruh oleh posisi tidur ibu yang mengandungnya.

Baca juga Konsultasi Kandungan: Posisi Tidur dan Bercinta yang Aman Bagi Ibu Hamil

Yang perlu diperhatikan adalah jika kehamilan sudah mulai membesar, sebab salah posisi bisa membahayakan janin. Saat sudah hamil tua, maka dianjurkan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri atau kanan. Posisi ini paling baik untuk menjaga sirkulasi darah di bawah rahim.

Untuk lebih menyempurnakan posisi, sedikit menekuk lutut juga akan membantu ibu hamil merasa lebih nyaman. Jika perlu, tidak ada salahnya menambahkan bantal pada titik-titik tertentu sebagai ganjal.

Tidur tengkurap, selama masih terasa nyaman boleh-boleh saja dilakukan. Ibu hamil biasanya mulai merasa tidak nyaman tidur dengan posisi ini saat kehamilannya mencapai 12-14 pekan. Sampai kehamilan 20-26 pekan, posisi telentang masih boleh dilakukan.

Baca juga: Posisi Tidur yang Seperti Ini, Paling Pas untuk Ibu Hamil



(up/up)