Rabu, 15 Jul 2015 11:01 WIB

Fit Saat Idul Fitri

Penyebab Kaki Bengkak Usai Mudik Jarak Jauh

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Kemana Anda hendak mudik pada libur Lebaran tahun ini? Jika kampung halaman Anda cukup jauh, salah satu masalah yang ditemukan setelah perjalanan mudik adalah kaki bengkak. Apa sebabnya?

dr Andri Primadhi, SpOT yang merupakan staf Divisi Foot and Ankle Departemen Orthopaedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/ RS Hasan Sadikin membenarkan selama dalam perjalanan jauh, sering tampak pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, dan jari-jari kaki. Ini disebabkan periode imobilisasi atau tidak bergeraknya anggota gerak dalam waktu yang lama.

"Normalnya, gerakan otot-otot di tungkai dan kaki akan membantu pemompaan darah kembali ke jantung. Ketika lama duduk, otot-otot akan tidak digunakan sehingga aliran darah dari jantung akan terkumpul di bawah dan kurang terpompa kembali menuju jantung," jelasnya dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (15/7/2015).

Baca juga: Kelelahan Saat Mudik Bisa Bikin Sakit Saat Lebaran, Begini Menghindarinya

Biasanya bengkak semacam itu akan timbul selama beberapa hari, dengan catatan apabila tidak ada kelainan lain. Lalu bagaimana agar area kaki tidak bengkak meski melakukan perjalanan jauh?

dr Andri menyarankan agar secara berkala menggerak-gerakkan tungkai dan kaki. Misalnya saat kendaraan berhenti, dengan cara keluar kendaraan kemudian berjalan-jalan.

"Penumpang pesawat terbang jarak jauh akan lebih baik bila memilih duduk di aisle/ lorong, dengan begitu maka akan mudah untuk berdiri atau berjalan-jalan di lorong," saran dr Andri.

Baca juga: Awas Kaki Bengkak-bengkak Karena Doyan Garam!


Apabila tidak dimungkinkan untuk berdiri, maka setidaknya adalah melakukan gerakan pada kaki dan ankle. Contoh gerakannya antara lain dengan membuat lingkaran menggunakan ujung ibu jari, atau membuat gerakan seperti menulis huruf dengan ujung ibu jari kaki. Selain itu bisa juga dengan menggerak-gerakkan jari-jari kaki ke atas dan ke bawah.

"Merendam dengan air panas bukanlah solusi untuk masalah ini, kompres dingin justru lebih bermanfaat pada kaki yang terasa sakit," imbuh dr Andri. (vit/ajg)