Rabu, 15 Jul 2015 12:03 WIB

Fit Saat Idul Fitri

Banyak Makanan Saat Lebaran, Awas Gagal Langsing dan Penyakit Lama Kambuh

Sapta Agung Pratama - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Saat Lebaran, sepertinya makanan apa saja terhidang. Dari meja tamu sampai meja makan, aneka makanan penggugah selera tersaji. Meski demikian, jangan sampai kalap sehingga semua makanan dilahap ya. Selain terancam gagal langsing, penyakit lama juga bisa kambuh.

"Buat orang yang mau menurunkan berat badan, padahal sudah turun beberapa kilogram selama puasa, jadi naik lagi," kata dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, dari RS Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (15/7/2015).

Baca juga: Penyebab Kaki Bengkak Usai Mudik Jarak Jauh

Selain itu, orang-orang yang sebelumnya memiliki masalah kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, dan asam urat, bisa saja kambuh penyakitnya. Karena harus dibatasi makanannya, jangan semuanya dikonsumsi.

Bagi yang sehat tentu tidak masalah, makan apa saja. Tapi tetap ya, jangan berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik.

"Orang yang sehat, nggak ada masalah satu dua hari makan-makanan manis dan bersantan. soalnya tubuh punya kemampuan untuk menetralisir makanan yang dikonsumsi. Asal dikira-kira dan hanya satu atau dua hari saja," ucap dr Samuel Oetoro, MS, SpGK, ahli gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

(vit/ajg)