Rabu, 15 Jul 2015 16:02 WIB

Fit Saat Idul Fitri

Cegah Sakit Saat dan Usai Lebaran, Ini Tips dari Dokter

Kirana Aisyah - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Kelelahan dan makan apa saja yang terlalu banyak bisa membuat seseorang lebih mudah sakit. Karena itu, sejak sebelum Lebaran tiba perlu dilakukan berbagai antisipasi.

"Pada prinsipnya orang harus bisa mengendalikan jumlah dan jenis makanan yang ia makan pada saat lebaran, dan harus istirahat yang cukup, karena kelelahan bisa menyebabkan vertigo," ujar ujar praktisi kesehatan dari RS Cipto Mangunkusumo dr Ari Fahrial Syam SPPD, KGEH, MMB, FINASIM dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (15/7/2015).

Baca juga: Ini Batasan Makan Kue Kering Lebaran Agar Badan Tidak Melar

dr Ari menyarankan aktivitas mudik dilakukan saat malam hari. Ini karena di malam hari tidak berpuasa, maka bisa makan dan minum saat merasa lelah. Selain itu udara malam hari relatif lebih dingin sehingga lebih nyaman untuk memulai perjalanan. Selain itu di malam hari cenderung tidak macet, ketimbang di siang hari.

Yang tak kalah penting adalah menjaga kecukupan waktu tidur. Selain itu jangan memaksakan diri jika tubuh sudah memberi alarm rasa lelah. Ada baiknya jika Anda menyetir sendiri, maka segera pinggirkan kendaraan dan beri waktu mata untuk terpejam sejenak.

Pada saat Lebaran, perlu tetap menjaga pola makan, dengan mengendalikan diri agar tidak makan berlebihan, konsumsi sayur-sayuran, dan minum cukup. Hindari pula minuman yang terlalu manis dan dingin.

"Dalam suasana Lebaran nggak mungkin juga langsung tidur, pasti mengobrol dengan keluarga sampai malam. Tidak apa-apa asal tidak berlebihan," kata dr Ari.

Baca juga: Ingin Tampil Cantik dengan High Heels Saat Lebaran? Ini Saran Dokter

(vit/ajg)