Rabu, 19 Agu 2015 13:32 WIB

Kaki Gelisah Bikin Resah

Pakai Kaus Kaki Ketat Bisa Jadi Cara Alami Usir Sindrom Kaki Gelisah?

Sapta Agung Pratama, Kirana Aisyah - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Tampak sepele tapi cukup mengganggu dan bahkan memengaruhi aktivitas sehari-hari. Demikian yang dialami orang dengan sindrom kaki gelisah yang sudah cukup parah. Untuk mengatasinya, kadang mereka mengedepankan cara-cara alami.

"Biasanya penderita mengembangkan caranya masing-masing, ada yang memakai kaus kaki ketat, kaki direndam air hangat, dipijat-pijat dulu sebelum tidur untuk menghilangkan rasa tidak nyaman tadi," kata dr Andreas Prasadja, RPSGT, pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (19/8/2015).

Lalu apakah sindrom itu benar-benar bisa hilang dengan cara alami tersebut? Menurut dr Andreas, rasa tidak nyaman seperti sensasi tersetrum ataupun gatal dan rasa tidak nyaman lain mungkin bisa hilang untuk sesaat. Namun tidak menjamin di kemudian hari tidak akan muncul lagi gangguan serupa.

Baca juga: Ketika Kaki Gelisah, Inginnya Selalu Bergerak

Menurut dokter yang akrab disapa dr Ade itu, jika sindrom kaki gelisah sudah bisa diatasi dengan cara alami itu tandanya belum terlalu parah. Namun jika berbagai cara alami sudah dilakukan dan keluhan terus muncul, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Nah, dokter nantinya akan meresepkan obat yang akan membuat sindrom ini berangsur-angsur menghilang.

"Tergantung dosisnya, ada yang hanya sekali, ada yang harus minum terus-menerus, biasanya kadang-kadang muncul kembali. Jadi obatnya ini memang ditujukan langsung untuk saraf kakinya. Sama ditambah kalau penyebabnya anemia, ya kita tambah zat besi, kalau kekurangan asam folat, ya kita resepkan juga asam folat. Jadi kita juga memberi obat berdasarkan penyebab kaki gelisah ini berawal," papar dr Ade.

Jika sudah sedemikian parah, operasi bisa menjadi jalan keluar. dr Roslan Yusni Al Imam Hasan, SpBS dari RS Bethsaida Tangerang menjelaskan operasi yang dilakukan adalah di bagian-bagian tertentu di otak supaya sindrom hilang.

Ada dua cara operasi, yang pertama merusak bagian-bagian tertentu di otak yang menyebabkan sindrom kaki gelisah, supaya tidak berfungsi. Kedua, dengan cara stimulasi yakni dipasang seperti kawat kecil di otak, diberikan stimulasi, dopamin normal, hingga rasa nyeri hilang.

Baca juga: Cek di Sini, Aneka Penyebab Sindrom Kaki Gelisah

"Satu lagi, cara mengatasinya bisa dengan psikoterapi, berhubungan dengan psikiater, terutama RLS yang ringan. Kalau operasi tidak ada kondisi tertentu yang mengharuskan orang harus pakai cara yang merusak atau stimulasi, tapi kalau dengan cara merusak lebih murah, stimulating system lebih bagus," jelas dokter yang akrab disapa dr Ryu ini.

Operasi dengan merusak bagian-bagian tertentu, risikonya memang lebih besar, akan tetapi sekarang alat-alat medis yang ada sudah bagus, sehingga keberhasilannya pun lebih tinggi. "Tapi kalau yang stimulasi lebih tinggi lagi, karena arusnya dibesarkan dan dikecilkan. Bisa diatur. Dan targetnya bisa macam-macam, bukan hanya suatu keadaan, bukan hanya RLS tapi bisa epilepsi, schizophrenia, parkinson," jelas dr Ryu.

Sementara itu menurut dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT, dari RS Medistra Jakarta, sindrom kaki gelisah kadang bisa hilang dengan sendirinya. Sebab jika belum parah, kondisi ini bisa hilang dan timbul. (vit/ajg)
News Feed