Rabu, 19 Agu 2015 14:41 WIB

Kaki Gelisah Bikin Resah

Menggerakan Kaki Saat Duduk Seperti Penjahit, Tanda Sindrom Kaki Gelisah?

Kirana Aisyah, Sapta Agung Pratama - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Beberapa orang punya kebiasaan menggerak-gerakkan kaki saat sedang duduk, mirip seperti penjahit yang sedang bekerja. Nah, apakah kebiasaan ini termasuk tanda orang tersebut terkena sindrom kaki gelisah atau restless legs syndrome (RLS)?

"Kalau kaki yang bergoyang-goyang saat duduk, belum tentu sindrom kaki gelisah. Bisa dilihat, kalau ketika kakinya bergoyang, lalu disuruh diam langsung bisa, berarti itu bukan sindrom kaki gelisah," jelas dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT, dari RS Medistra Jakarta saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (19/8/2015).


Sebaliknya, sambung dr Rimawati, jika yang bersangkutan diminta diam tapi tak kuasa menghentikan menggerak-gerakkan kakinya, bisa jadi itu merupakan sindrom kaki gelisah.

Baca juga: Perhatikan, Orang-orang Ini Rentan Mengalami Sindrom Kaki Gelisah

Namun menurut dr Roslan Yusni Al Imam Hasan, SpBS dari RS Bethsaida Tangerang, menggerakan atau menggoyangkan kaki saat duduk patut diduga itu merupakan gejala sindrom kaki gelisah. Sebab yang bersangkutan merasa nyaman, hanya saja bisa jadi masih dalam tingkat ringan.

"Terlepas dari apa pemicunya, ringan dan berat, itu adalah RLS. Biasanya orang lain yang terganggu, bunyi sek sek, tapi dia sendiri merasa nyaman," ucap dokter yang akrab disapa dr Ryu itu.

Terkadang orang-orang lebih intens menggerakkan kakinya saat sedang berpikir keras, misalnya saat sedang mengerjakan ujian atau sedang dalam rapat penting. Nah, apakah aktivitas kaki ini merupakan tanda bahwa otakya sedang bekerja keras?

Baca juga: Pakai Kaus Kaki Ketat Bisa Jadi Cara Alami Usir Sindrom Kaki Gelisah?

"Nggak ada hubungannya, tidak ada urusan. Ketika ada perubahan konstelasi di otaknya, apapun, entah lapar, panik stres maka dapat memicu RLS," kata dr Ryu.

Karena itu jika Anda punya kebiasaan menggerakkan atau menggoyangkan kaki dalam keadaan apapun yang sudah membuat Anda atau orang lain terganggu, ada baiknya berkonsultasi ke dokter. Ini perlu untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada diri Anda. Atau mungkin Anda bisa rutin memijat kaki atau merendamnya dengan air hangat agar kaki lebih rileks dan lebih nyaman.

(vit/ajg)