Rabu, 26 Agu 2015 12:09 WIB

Ulasan Khas Kaki Sehat

Cara Ini Bisa Bantu Mencegah Timbulnya Luka pada Kaki Pecah-pecah

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Ketika kaki mengalami pecah-pecah, bisa saja ada kemungkinan muncul luka pada area yang pecah-pecah. Namun, ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya luka.

Munculnya luka pada kaki pecah-pecah bisa bertahap ataupun tidak bertahap. Sebab, kondisi kulit masinh-masing orang berbeda, demikian diungkapkan dr Laksmi Duarsa SpKK dari D&I Skin Centre Denpasar.

"Untuk mencegahnya ya dikasih minyak agar cairan di dalam enggak keluar. Karena dengan kondisi lembab, diharapkan pecah-pecah berkurang dan tidak sampai luka," kata dr Laksmi saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (26/8/2015).

Baca juga: Kaki Pecah-pecah Bisa Timbul Akibat Kondisi Kulit yang Terlalu Kering

Jika kaki pecah-pecah sudah mengalami luka, maka akan terlihat warna kulit yang kemerahan. Kondisi itu, menurut dr Laksmi susah sekali untuk menutup kembali, bahkan bisa sampai tiga bulanan. Lantas, bagaimana cara mengobatinya?

"Obatnya itu pelembab. Tujuannya untuk membuat cairan di dalam tidak keluar dan menyerap (kelembapan-red) yang ada di luar," kata dr Laksmi.

Dihubungi terpisah, dr Sari Chairunnisa SpKK dari Bamed Skin Care mengatakan bisa diberi pengobatan sesuai dengan penyebabnya. Bisa saja luka terjadi akibat infeksi atau memang kulit yang kering.

Jika terdapat luka dan kondisi kaki lembab, dikatakan dr Laksmi jika tidak ada bakteri maka tidak masalah. Sedangkan, menurut dr Sari, potensi infeksi pada kaki pecah-pecah yang luka tergantung luas, kedalaman luka, serta lukanya basah atau tidak. (rdn/up)