Rabu, 26 Agu 2015 13:02 WIB

Ulasan Khas Kaki Sehat

Kuku Jari Hitam dan Rusak Seperti 'Mati', Apa Penyebabnya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Seringkali kuku, terutama kuku kelingking pada kaki, mengalami kerusakan sehingga warnanya menghitam. Pertumbuhannya pun jadi lebih lama. Mengapa demikian?

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin dari D&I Skin Centre Bali, dr Laksmi Duarsa, SpKK, kondisi ini sangat mungkin terjadi akibat keberadaan jamur kuku pada kaki.

"Misalnya terjadi karena ketularan orang yang sudah berjamur, bisa dari candida atau bisa tinea unguium," tuturnya saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (26/8/2015).

Sependapat dengan dr Laksmi, dokter spesialis kulit dan kelamin dari EDMO Clinic Jakarta Selatan, dr Eddy Karta, SpKK juga menyebutkan bahwa kondisi kuku yang rapuh, hitam dan tak tumbuh dengan baik seperti kuku-kuku lainnya paling sering akibat terinfeksi jamur.

Namun selain itu, bisa juga kondisi ini muncul akibat adanya benturan yang merusak lempeng pembuluh darah di bawah kuku, sehingga kuku menjadi memar dan menghitam.

Baca juga: Disenangi Jamur, Kaki Lembap dan Jari Dempet Berisiko Kutu Air

"Benturan bila serius dapat sampai menyebabkan putusnya suplai darah kuku secara permanen dan kuku pun tidak tumbuh lagi. Kanker kulit yang ditandai dengan pulau-pulau warna hitam di bawah kuku yaitu melanoma juga dapat merusak kuku, namun kasus ini jarang terjadi," imbuh dr Eddy.

Yang pasti, kondisi kuku seperti ini tak muncul karena salah proses pemotongan. Justru yang mungkin terjadi adalah penularan jamur dari gunting kuku yang dipinjam dari orang lain. "Atau karena pakai sepatu kekecilan jadi tertekan, lembab, dan jadilah berjamur," ujar dr Laksmi.

Nah, bagaimana supaya pertumbuhan kuku yang sudah terlanjur seperti ini bisa kembali sehat?

dr Laksmi menegaskan bahwa agar pertumbuhan kuku seperti ini bisa kembali baik maka harus dipastikan terlebih dahulu faktpr penyebabnya. Jika memang jamur, maka bisa diatasi dengan pemakaian obat seperti obat antijamur atau salep. Namun ingat, pemberian obat ini tetap harus dikonsultasikan dahulu dengan dokter.

Tapi bisa kuku menjadi rusak akibat adanya benturan, dr Eddy menyampaikan maka sebaiknya ada tindakan pembedahan rekonstruksi kuku. "Bila ada kemungkinan kanker atau kerusakan kuku yang lain segeralah periksakan ke dokter kulit," pesannya.

Baca juga: Kutu Air Mudah Menyebar, Jaga Kebersihan Pakaian Agar Tak Tertular

(ajg/vit)