ADVERTISEMENT

Rabu, 26 Agu 2015 20:05 WIB

Ulasan Khas Kaki Sehat

Kulit Kaki Jadi Menghitam? Cek di Sini Sebabnya

Radian Nyi Sukmasari, Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock/Nobilior
Jakarta - Sering kali punggung kaki atau mata kaki terlihat lebih hitam ketimbang warna kaki secara keseluruhan. Bagian yang menghitam itu juga kadang terlihat lebih kering dan lebih kasar. Menurut spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Eddy Karta, SpKK, kulit kaki bisa menghitam karena gesekan yang terus-menerus di bagian permukaan tulang yang menonjol.

"Hal ini sering terjadi karena gesekan dengan sepatu atau posisi yang dikerjakan terus menerus atau sering yang menekan area tersebut misalnya duduk bersila," ujar dr Eddy saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (26/8/2015).

Baca juga: Bagi yang Alergi Bahan Kimia, Sabun Bisa Bikin Kaki Pecah-pecah

Sementara menurut dr Laksmi Duarsa, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali, kulit kaki yang menghitam bisa disebabkan oleh hiperpigmentasi. Bisa juga karena tanda lahir, pun proses inflamasi alergi yang meninggalkan bekas.

Dihubungi terpisah, dr Sari Chairunnisa, SpKK, dari Bamed Skin Care menjelaskan warna gelap di kulit kaki bisa terjadi akibat trauma berulang. Bagian tubuh yang umumnya lebih gelap biasanya di bagian lipatan-lipatan tubuh seperti di lipatan paha dan ketiak.

Baca juga: Pakai Alas Kaki Sempit, Kaki Juga Rentan Kapalan

Lalu bagaimana mengatasinya? dr Eddy menyarankan penggunaan pelembap di kaki. Sebab pelembap dapat mempercepat pergantian kulit ke kulit baru yang lebih cerah.

"Pembersihan dengan optimal dan pemberian pelembab agar kulit kaki lebih sehat," kata dr Sari memberikan tambahan saran.

"Tergantung kehitamannya itu sampai lapisan kulit mana atas atau bawah. Kalau lapisannya cuma di atas dengan krim saja cukup tapi kalau di bawah krim rasanya kurang, bisa dengan laser," ujar dr Laksmi mengimbuhkan. (vit/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT