ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Sep 2015 13:03 WIB

Bahaya Kolesterol Tinggi

Kolesterol Tinggi dan Performa di Ranjang Ada Hubungannya Lho

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kolesterol dan fungsi seksual ada kaitannya. Jadi jika performa seks kurang memuaskan, sebaiknya cek kolesterol.

Kolesterol merupakan molekul yang sangat penting bagi tubuh. Salah satu peran utamanya adalah sebagai bahan baku pembuatan hormon-hormon, antara lain hormon seks.

"Kolesterol berperan dalam pembentukan hormon steroid seperti testosteron, estrogen dan progesteron," jelas dr Iwan Surjadi Handoko dari Kalbe Nutritionals dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (22/9/2015).

Tanpa hormon-hormon ini, sambungnya, antara laki-laki dan perempuan tidak bisa dibedakan. Karena pertumbuhan organ tertentu seperti payudara pada perempuan dan rambut tubuh yang lebih pada laki-laki dipengaruhi oleh keberadaan hormon-hormon tersebut.

"Jadi fungsi seksual jelas dipengaruhi oleh keberadaan kolesterol yang cukup," terang dr Iwan.

Jika kolesterol sebegitu pentingnya bagi fungsi seksual, berarti manusia butuh asupan kolesterol dalam jumlah besar? Tidak juga. Kolesterol total yang ada dalam tubuh, jumlahnya jangan sampai berlebihan. Karena jika seseorang memiliki kolesterol tinggi, maka dampaknya pun tidak baik bagi kesehatan seksual.

Menurut dr Iwan, makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol sering dikaitkan dengan gangguan pembuluh darah jantung dan otak. Padahal makanan yang sama bisa menimbulkan gangguan serupa pada pembuluh darah penis sehingga bisa mempengaruhi kemampuan ereksi.

"Pembuluh darah di daerah penis bisa menjadi kaku, menyempit dan mengurangi aliran darah di daerah tersebut," imbuhnya.



Jadi, makanan yang tidak baik untuk pembuluh darah jantung Anda bisa juga tidak baik bagi performa seks Anda. Untuk menurunkan kolesterol dalam darah, Anda membutuhkan 5-15 gram serat larut per hari . Serat larut tersebut antara lain bisa diperoleh dari sayur dan buah.

Lalu berapa banyak sayur dan buah yang harus diasup setiap hari untuk menurunkan kolesterol? Jawabannya berbeda-beda, tergantung jenis sayur atau buahnya, karena per porsi sayur atau buah biasanya hanya mengandung 1-2 gram serat larut.

Karena itu makan 5 porsi sayur dalam sehari bisa jadi awal yang baik. Namun jika Anda ingin menggunakan serat larut yang terkandung dalam pisang untuk menurunkan kolesterol, maka Anda butuh konsumsi 15 pisang dalam sehari.

Makanan yang terkenal mengandung serat larut beta-glucan adalah oat. Dibutuhkan 3 gram beta-glucan per hari untuk mengurangi kolesterol yang artinya setara dengan konsumsi 2-3 mangkuk bubur havermut setiap hari.

Untuk menurunkan kolesterol bisa juga dengan mengonsumsi plant stanol ester. Kandungan ini secara alami ada di buah-buahan dan sayur, tapi masih sangat sedikit sehingga perlu konsumsi dalam jumlah besar. Untuk alasan kepraktisan, saat ini di pasaran sudah beredar plant stanol ester yang dikemas dalam bentuk minuman smoothies maupun sereal. Per kemasan terkandung 1,7 gram plant stanol ester yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung koroner.

(vit/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT