Rabu, 30 Sep 2015 08:04 WIB

Ulasan Khas Mata Juling

Mata Juling, Saat Bola Mata Bergerak Tak Terkendali

Jeems Suryadi Gani - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Mata yang sehat adalah mata yang dapat menatap lurus ke depan, tetapi juga bisa digerakkan ke kanan, ke kiri atau bahkan berputar sesuai keinginan. Kendati begitu, ada juga orang-orang yang kesulitan mengendalikan gerakan matanya.

Inilah yang kemudian disebut mata juling atau dalam istilah medis disebut sebagai strabismus. Menurut dr Utami Noor Syabaniyah, SpM dari Ciputra SMG Eye Clinic, mata juling didefinisikan sebagai mata yang tidak bisa sejajar pada berbagai macam posisi.

"Bisa julingnya ke dalam, ke atas, atau ke bawah, tergantung posisi," terangnya kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (30/9/2015).

Baca juga: Bagian Tubuh Anak yang Bisa Menunjukkan Adanya Kanker

Dalam kesempatan terpisah, dr Surya Utama, SpM dari Eka Hospital Pekanbaru mengatakan kondisi ini semata disebabkan adanya kelainan pada pergerakan otot di dalam mata.

"Bila salah satu otot di antara enam otot yang ada dalam masing-masing otot terlalu lemah atau terlalu kuat, maka mata bisa bergerak ke arah tertentu tanpa bisa kita kontrol," lanjutnya.

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, akibat ketidakseimbangan otot ini, kedua bola mata tidak fokus pada obyek yang sama; yang satu fokus pada obyek yang ingin dilihat, sedangkan mata lain menatap ke obyek atau arah lain.

Hal ini berisiko menimbulkan penglihatan ganda karena kedua mata yang tidak sejajar atau menatap obyek yang sama akan otomatis mengirimkan sinyal yang berbeda ke otak. Sederhananya, mata sulit diajak bekerjasama dan berkoordinasi ketika dihadapkan pada sebuah obyek.

Kendati demikian, kelainan pada pergerakan bola mata ini biasanya dipicu oleh faktor tertentu, seperti faktor keturunan maupun trauma. Faktor genetik atau keturunan merupakan yang paling sering mendasari kondisi mata juling pada anak ataupun orang dewasa.

Namun tidak menutup kemungkinan mata juling terjadi di kemudian hari. Bisa karena trauma atau sebagai dampak dari usaha mata untuk mengakomodasi gangguan mata seperti rabun dekat atau rabun jauh.

Ingin tahu lebih jauh tentang apa itu mata juling? Ulasan khas detikHealth kali ini akan membahas serba-serbi tentang kelainan mata tersebut. Pastikan untuk terus membaca. Selamat menikmati!

Baca juga: Kenalilah, Kelainan Mata yang Bisa Terjadi pada Anak (lll/up)