Rabu, 30 Sep 2015 09:03 WIB

Ulasan Khas Mata Juling

Bukan Tak Bisa Lihat Apa-apa, Begini Kondisi Penglihatan si Juling

Jeems Suryadi Gani - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Ketika melihat seseorang dengan kelainan mata juling, mungkin terlintas dalam benak kita tentang kemampuan penglihatan mereka, apakah masih bisa melihat ataukah tidak sama sekali?

"Mereka bisa melihat dengan jelas, tetapi hanya menggunakan mata yang sehat," tandas dr Utami Noor Syabaniyah, SpM kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (30/9/2015).

Dengan kata lain, seseorang dengan mata juling hanya dapat mengandalkan salah satu matanya untuk melihat sesuatu (penglihatan tunggal). dr Utami juga mengatakan penglihatan mereka menyesuaikan pergerakan bola matanya.

"Makanya orang yang juling akan double penglihatannya atau penglihatan ganda," imbuhnya dokter yang berpraktik di Ciputra SMG Eye Clinic tersebut.

Kalaupun mereka yang bermata juling 'memaksakan diri' melihat dengan kedua mata, akan terjadi dua persepsi yang berbeda karena kedua mata mengirimkan dua sinyal yang berbeda ke otak.

"Sehingga penderita mata juling akan berusaha menghilangkan pandangan dari mata yang juling dan mencoba hanya melihat dengan mata yang sehat," lanjut dr Utami.

Baca juga: Mata Juling, Saat Bola Mata Bergerak Tak Terkendali

Itulah sebabnya penderita mata juling sebaiknya harus segera mendapatkan penanganan. Misal dengan pemberian kacamata atau operasi untuk memperbaiki otot matanya. Pasalnya, seperti dijelaskan dalam situs Moorfields Eye Hospital, mata juling yang tak segera diobati akan mengakibatkan kondisi yang lebih serius.

Kemampuan penglihatan yang mengalami kelainan juling lama-lama akan semakin menurun karena otak cenderung mengabaikan sinyal yang dikirim dari si mata juling.

Pada anak-anak, mata juling yang tidak segera diperbaiki akan menyebabkan mata malas (amblyopia), kemampuan melihat yang buruk, bahkan hingga posisi kepala yang tidak normal.

Baca juga: Penyebab Mata Juling

(lll/up)
News Feed