Rabu, 30 Sep 2015 13:04 WIB

Ulasan Khas Mata Juling

Mata Anak Bakal Juling atau Tidak Bisa Terdeteksi Sejak Usia 6 Bulan

Jeems Suryadi Gani - detikHealth
Foto: The New Zealand Herald Foto: The New Zealand Herald
Jakarta - Ketika bayi baru lahir terkadang matanya bisa terlihat juling. Orang tua mungkin khawatir dengan kondisi anaknya namun sebetulnya hal tersebut masih wajar karena mata bayi memang masih sulit untuk fokus.

Orang tua baru perlu waspada bila pada usia 6 bulan mata bayi masih terlihat juling karena pada usia tersebut seharusnya mata bayi sudah dapat fokus. Ketidakmampuan anak untuk mampu menjaga fiksasi kedua bola mata dan kemudian dapat mengikuti objek yang bergerak dapat menunjukkan gangguan penglihatan yang signifikan.

Baca juga: Ini Dia Aneka Penyebab Mata Juling

Penanganan sederhana dapat dilakukan untuk mencegah juling berkembang dengan melatih mata bayi menggunakan senter atau mainan yang warnanya menarik. Arahkan senter atau mainan itu ke kiri dan ke kanan, sehingga mata bayi akan mengikuti arah cahaya atau mainan tersebut.

Spesialis mata dr Surya Utama, SpM, dari Eka Hospital Pekanbaru mengatakan indikasi bila sampai umur tiga tahun mata masih juling maka periksakan ke dokter.

"Jika anak tetap mengalami juling pada usia tiga tahun atau lebih, sebaiknya segera diperiksa untuk diberi penanganan," kata dr Surya kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (30/9/2015).

Menurut dr Surya penyebab mata juling bisa bermacam-macam. Faktor genetik bisa berpengaruh tapi kadang ada juga kasus juling karena trauma akibat kecelakaan.

"Juling pada anak terjadi kemungkinan besar karena keturunan, bisa ditangani dengan memberikan kacamata yang tepat," pungkasnya.

Baca juga: Siapa Saja Sih yang Lebih Rentan Punya Mata Juling?


(fds/vit)