Rabu, 30 Sep 2015 17:33 WIB

Ulasan Khas Mata Juling

Mata Juling Dibiarkan Hingga Dewasa, Apa Dampaknya?

Jeems Suryadi Gani - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Mata juling memang bisa terjadi pada bayi dan anak. Jika dibiarkan tak tertangani, kira-kira apa ya dampaknya?

dr Utami Noor Syabaniyah, SpM dari Ciputra SMG Eye Clinic mengatakan bahwa mata juling yang dibiarkan tidak akan menimbulkan efek yang fatal. Hanya saya akan berdampak pada gangguan mata lainnya seperti mata malas (lazy eye).

Baca juga: Mata Juling pada Anak Biasanya Mudah Diatasi

"Tidak ada kemungkinan untuk kebutaan, mungkin kelainan lain yang bisa terjadi adalah mata malas," tutur dr Utami kepada detikHealth dan ditulis Rabu (30/9/2015).

Dihubungi terpisah, dr Surya Utama SpM dari Eka Hospital Pekanbaru mengatakan pada anak-anak, pemberian kacamata yang tepat sudah cukup membantu. Hanya saja harus dilihat terlebih dahulu apa penyebab mata julingnya.

"Kacamata cukup membantu orang dengan mata juling. Tetapi hal ini tidak berlaku jika mata juling disebabkan trauma otot karena kecelakaan. Harus dilakukan operasi untuk menyembuhkannya," urai dr Surya.

Dijelaskan dr Surya bahwa mata juling karena trauma otot akibat kecelakaan tidak bisa ditangani dengan kacamata. Operasi dilakukan untuk memperbaiki otot mata yang rusak sehingga dapat kembali normal.

Dr James McDonnell, seorang ahli mata dari Loyola University Medical Center mengatakan operasi mata juling bisa dilakukan untuk orang dewasa. Sepanjang karirnya, Dr McDonnell sudah melakukan ribuan operasi membetulkan mata juling pada pasien dengan rentang usia dari bayi hingga yang sudah berumur 90-an tahun. Bahkan ia mengklaim, 50 persen pasien yang dioperasinya adalah orang dewasa.

Baca juga: Juling Biasanya Tak Bahaya, Tapi Kadang Jadi Pertanda Tumor Mata

Untuk membetulkan mata juling pada orang dewasa, Dr McDonnell memang menggunakan teknik yang berbeda dari yang diterapkan pada pasien anak. Namun pada intinya tetap sama, yakni bertujuan untuk membetulkan otot yang mengatur pergerakan bola mata.

Oleh karenanya, tidak semua pasien mata juling disembuhkan Dr McDonnell lewat operasi. Beberapa cuma disuntik botox (botulinum toxin) untuk melemahkan bagian otot yang terlalu kuat, agar seimbang dan tidak terlalu kencang menarik bola mata dari sisi yang lemah.

(mrs/vit)