Rabu, 25 Nov 2015 14:02 WIB

Cara Sehat Menyikat Gigi

Lebih Dari Jangka Waktu Ini, Sikat Gigi Harusnya Sudah Dibuang

Martha HD, Jeems Suryadi G, Sharon Natalia - detikHealth
Foto: Getty Images
Jakarta - Kapan sikat gigi harus diganti? Kebanyakan orang baru akan melakukannya setelah mengetahui kondisi fisik dari sikat itu sendiri, misal jika bulunya sudah tak beraturan atau warna bulunya kusam.

Namun menurut Prof Dr drg Melanie S Djamil, MBiomed, idealnya memang tergantung dari jenis sikat gigi yang digunakan. "Apalagi kalau bulu sikatnya cepet jigrak, biasanya sebulan langsung ganti," tandasnya.

Meski begitu Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti itu menyarankan idealnya, sikat gigi diganti tiap tiga bulan sekali. Alasannya, dari 100 bulu sikat gigi yang ada di permukaan sebuah sikat gigi, pasti ada 2-3 bulu yang sudah rusak, dan ini dikhawatirkan akan melukai gigi.

Bahkan drg Melanie mengungkapkan, sikat gigi yang sudah berumur tiga bulan bisa ditempeli lebih dari 200 juta bakteri. Bila nekat digunakan, ini akan mengancam kesehatan gigi dan mulut, termasuk menyebabkan gigi berlubang.

"Salah satu bakteri di bulu sikat gigi ini ada yang sama seperti di kotoran manusia. Bakteri memfermentasi sisa-sisa makanan di mulut dan menghasilkan asam yang merusak gigi," katanya.

Baca juga: Catat! Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyikat Gigi

Hal senada dikemukakan pakar kesehatan gigi anak, Prof drg Heriandi Sutadi, SpKGA(K), PhD. Meskipun baru, bila bulu sikat gigi sudah tidak lurus setelah digunakan selama beberapa waktu, maka sebaiknya segera diganti.

"Karena sikatnya sudah tidak bisa menyikat secara merata pada gigi," paparnya kepada detikHealth saat dihubungi secara terpisah dan ditulis Rabu (25/11/2015).

Namun jika tiga bulan dirasa terlalu lama, drg Irayani Queency Putri dari Hendra Hidayat Dental Clinic mengatakan sikat gigi sudah dapat diganti tiap 1,5 hingga 2 bulan sekali.

"Jika sudah mekar-mekar dan tidak diganti, bisa jadi kurang bersih sikat giginya, atau bisa melukai gigi juga," ingatnya.

Baca juga: Begini Lho Cara Memilih Sikat Gigi yang Tepat

drg Melanie menambahkan, aturan mengganti sikat gigi maksimal tiga bulan sekali ini tak hanya berlaku untuk sikat gigi orang dewasa, tetapi juga sikat gigi kepunyaan anak-anak.
 
Untuk yang memiliki gigi sensitif, disarankan memilih sikat yang bulunya lebih halus dan bentuk yang tepat agar dapat menyapu seluruh permukaan gigi.

"Pilih yang mengecil ke atas supaya bisa menjangkau gigi dalam, cuma bagian belakang cukup besar untuk menyikat gigi di depan," tutupnya. (lll/up)