Rabu, 06 Jan 2016 14:04 WIB

Serba-serbi Hamil Tua

Perut Terasa Kencang Saat Hamil Tua, Begini Artinya

Martha HD - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Di trimester terakhir, perut ibu hamil biasanya sering terasa kencang. Kondisi ini ditandai dengan perut yang keras dan seperti tertarik ke bawah. Bila terjadi satu-dua kali rasanya tak jadi soal. Namun pada sebagian calon ibu, kondisi ini bisa berlangsung selama beberapa kali, bahkan terus-menerus.

Apakah ini perlu dikhawatirkan? Menanggapi hal ini, dr Alfiben, SpOG dari RS Permata Depok mengatakan, kontraksi semacam ini sering terjadi pada wanita yang usia kehamilannya sudah mencapai 37-38 minggu.

"Nggak ada masalah kalau kontraksi," katanya saat dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (6/1/2015).

Ditambahkan dr Hari Nugroho, SpOG dari Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUD Dr Soetomo Surabaya. Perut yang terasa kencang pada ibu hamil tua disebabkan karena rahim mengalami pengerasan kemudian berkontraksi.

Menurutnya, ini masih dalam batas kewajaran, dan biasa disebut sebagai kontraksi palsu (Braxton Hicks). Hal senada juga diutarakan dr M Nurhadi Rahman, SpOG dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta atau lebih akrab disapa dr Adi.

"Saat perut kenceng nggak teratur kondisi janin 6-7 bulan itu bisa dibilang kontraksi palsu. Tapi ini nggak ada hubungannya dengan janin stres.," paparnya.

Baca juga: Ibu Hamil, Perhatikan Hal Ini Jika Hendak Melakukan Perjalanan Jauh

Namun dokter yang aktif yang berkicau lewat akun @adirahmanog itu mengatakan, ibu harus waspada ketika kontraksi palsu itu terjadi secara terus-menerus dan terasa kuat.

dr Hari kemudian menambahkan, bila ini benar-benar terjadi, maka ibu sebaiknya segera memeriksakan diri ke tenaga medis terdekat, tak peduli apakah usia kehamilannya sudah mencukupi ataupun belum.

"Bedanya dengan kontraksi untuk persalinan itu, terasa regular dan berpola, sekitar setiap 10 menit sekali, lalu nyeri disertai keluarnya darah, lendir atau air dari jalan lahir," urainya dalam kesempatan terpisah.

Baca juga: 'Mendongkrak' Berat Badan Janin Jelang Waktu Melahirkan

Lantas bagaimana cara terbaik merilekskan perut ibu hamil saat mengencang? Menurut dr Adi, ibu yang mengalaminya sebaiknya disarankan untuk bed rest atau istirahat total.

"Bisa jadi ibu kecapean. Kalau dirasa tidak ada perubahan, cobalah ke dokter sebab paling banyak ini dikarenakan ada infeksi saluran (kencing, red)," sarannya. (lll/up)
News Feed