Rabu, 06 Jan 2016 15:07 WIB

Serba-serbi Hamil Tua

Minum Rebusan Rumput Fatima untuk Perlancar Persalinan, Disarankan Tidak?

Martha HD - detikHealth
Foto: ts Foto: ts
Jakarta - Semua ibu pasti ingin proses persalinannya bisa berjalan dengan lancar. Nah, untuk kelancaran persalinan, di masyarakat kerap didengar saran untuk mengonsumsi rebusan rumput fatima atau bahkan minum minyak kelapa.

Menanggapi hal ini, dr Nurhadi Rahman, SpOG yang akrab disapa dr Adi dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta mengatakan di sekitar kita memang benar banyak bahan-bahan alami. Namun, jika ditilik dari sisi medis, penggunaan bahan-bahan tersebut untuk membantu memperlancar persalinan sangat tidak disarankan.

"Karena dosisinya tidak dapat ditentukan. Bisa jadi nanti saat di RS akan mengalami kontraksi yang berlebihan dan lebih kuat dari yang diharapkan," kata dr Adi saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (6/1/2016).

Baca juga: Perut Terasa Kencang Saat Hamil Tua, Begini Artinya 

Kontraksi berlebih dan lebih kuat dari yang diharapkan akan berakibat pada robeknya rahim. Sedangkan, bagi si bayi, kontraksi rahim yang berlebihan membuat tidak ada jeda untuk mendapatkan oksigen sehingga bisa membuat si bayi stres.

Lalu, adakah cara alami yang disarankan untuk membantu memperlancar proses persalinan? "Yang pasti harus dilakukan adalah berdoa dan berpikir positif dapat melahirkan normal. Lalu dengan melakukan yoga untuk hamil atau olahraga-olahraga ringan lainnya," kata dr Adi.

Mengikuti kelas-kelas relaksasi, lanjut dr Adi, juga disarankan bagi ibu hamil agar bisa merasa lebih nyaman jelang dan saat melahirkan. Tak hanya itu, dr Adi pun memberi saran coba juga lakukan rencana melahirkan. Misalnya siapa yang nanti akan menemani si ibu lalu apa saja yang harus dilakukan.

"Jadi bukan terserah dokternya," ujar pemilik akun twitter @adirahmanog ini.

Baca juga: 'Mendongkrak' Berat Badan Janin Jelang Waktu Melahirkan  (rdn/up)
News Feed