Rabu, 08 Jun 2016 17:36 WIB

Buka Puasa Sehat

Begini Takaran Porsi Sajian Buka Puasa yang Pas dan Sehat

Martha Heriniazwi Dianthi - detikHealth
Foto: thinkstock
Topik Hangat Buka Puasa Sehat
Jakarta - Untuk berbuka puasa, disarankan Anda tak kalap supaya pencernaan tak 'kaget'. Tapi jangan pula terlalu sedikit karena tubuh butuh nutrisi. Lantas seperti apa yang pas?

Disampaikan oleh Dr dr Saptawati Bardosono, MSc dari Fakultas Kedokteran UI dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, saat berbuka puasa Anda dapat mengonsumsi tiga buah kurma.

"Kurma kaya akan kandungan energi dan serat. Jangan lupa disertai segelas air putih. Setelah salat maghrib, dapat disantap menu makan malam yang mengandung kalori yang sesuai dan zat gizi lengkap serta segelas air putih lagi dan tak lupa buah," papar dokter yang akrab dr Tati tersebut kepada detikHealth.

Baca juga: Maunya Kenyang, Langsung Makan Nasi Ketika Buka Puasa Malah Begah

Ia melanjutkan, selama salat tarawih jangan lupa minum air putih. Kemudian sepulang dari salat tarawih Anda juga bisa kembali mengonsumsi kudapan atau camilan, disertai segelas susu.

Berpuasa selama sehari penuh berarti Anda tidak minum air dalam waktu tersebut, oleh sebab itu Anda dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tersebut selama sahur dan berbuka.

"Selama puasa mungkin tidak akan tercukupi minum sebanyak 8 gelas sehari. Maka dari itu saat puasa dianjurkan untuk minum air setidaknya 6 gelas seharinya agar tubuh tidak terdehidrasi," pesan dr David Fadjar Putra, MS, SpGK, dari RS Pondok Indah.

Baca juga: Perut Teras Kenyang Padahal Berbuka Teh Manis dan Kue, Normalkah?

(ajg/vit)
Topik Hangat Buka Puasa Sehat