Rabu, 03 Agu 2016 16:01 WIB

Serba-serbi Donor ASI

Mengenal 3 Metode Pasteurisasi ASI Donor yang Sering Dilakukan

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Topik Hangat Serba-serbi Donor ASI
Jakarta - Pasteurisasi harus dilakukan sebelum memberi ASI donor ke bayi. Mengingat besarnya risiko penularan virus yang mungkin terkandung dalam ASI donor untuk bayi.

dr I Gusti Nyoman Ayu Partiwi dari RS Bunda Jakarta mengatakan meski penyimpanan ASI donor sama dengan ASI perah dari ibu bayi, ASI donor mendapat perlakuan berbeda. Jika ASI perah beku cukup dicairkan sebelum diberi ke bayi, pada ASI donor meskipun tidak beku tetap harus dipasteurisasi.

"Yang masyarakat sering lakukan adalah saat menerima donor ASI tidak melakukan pasteurisasi, dan itu tidak aman. Jadi kita selalu bilang (ke penerima ASI donor) untuk melakukan pasteurisasi," kata wanita yang akrab disapa dr Tiwi ini saat berbincang dengan detikHealth.

Dikutip dari buku 'Breastfeeding Sick Babies' yang disusun Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pasteurisasi menjadi cara terbaik untuk membunuh bakteri dan virus, meski secara parsial bisa memengaruhi kadar nutrisi dan zat kekebalan dalam ASIP. Nah, inilah 3 metode pasteurisasi yang sering dilakukan:

1. Holder

Metode ini menggunakan unit pasteurisasi holder yang tersedia di pasaran. Nantinya, unit akan diisi air keran sampai level tertentu kemudian unit dinyalakan hingga air bersuhu 62,5 celcius. Nantinya, botol ASI donor dimasukkan ke dalam unit selama 30 menit.

2. Pretoria

Nama metode ini diambil dari nama ibu kota Afrika Selatan, Pretoria. Metode dengan prinsip merendam ASI donor dengan air mendidih ini dikembangkan untuk mengatasi masalah pemberian ASI pada bayi dari ibu yang mengidap HIV. Metode ini cukup mudah dan sederhana hingga bisa diterapkan Ayah dan Bunda di rumah.

3. Flash

Metode flash heating cukup sederhana dengan keperluan alat yang mudah dan bisa diaplikasikan di rumah. Prinsip metode ini adalah merebus air berisi botol dengan ASI donor sampai air mendidih.


MetodeHolderFlash HeatingPretoria
Suhu62,5 C100 CAir mendidih
Lama waktu30 menit5 menit20-30 menit
Membunuh bakteriYaYaYa
Membunuh virus HIVYaYaHampir
Membunuh virus HTLVYa??
Membunuh virus Hepatitis BYa??
Membunuh virus CMVYa??
Faktor antimikroba rusak?Menurun 40-70%TidakTidak (pada beberapa kasus)
Keutuhan kandungan vitaminVitamin B, C, E menurunUtuhUtuh
(rdn/vit)
Topik Hangat Serba-serbi Donor ASI