Rabu, 03 Agu 2016 17:02 WIB

Serba-serbi Donor ASI

Infografis Metode Sederhana Pasteurisasi ASI Donor: Pretoria dan Flash

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Topik Hangat Serba-serbi Donor ASI
Jakarta - Sebelum memberi ASI donor ke bayi, ada satu tahap yang tak boleh dilewatkan yakni pasteurisasi. Di rumah, ada cara sederhana yang bisa diterapkan yakni pasteurisasi dengan metode pretoria dan flash heating.

dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA atau akrab disapa dr Tiwi mengungkapkan, pasteurisasi pada ASI donor bertujuan untuk mematikan kuman yang tidak dapat dideteksi, misalnya HIV. Apalagi, jika ibu pendonor tidak melakukan skrining sebelumnya. Secara teori, dikatakan dr Tiwi pasteurisasi bisa mematikan virus HIV.

"Walaupun mendapat ASI dari saudara tetap harus dipasteurisasi karena tetap dinilai sebagai donor. Kan kita tidak tahu status kesehatan orang, bisa saja berubah. Ibaratnya ini sebagai double protection. Dilakukan skrining sebelum pengambilan ASI dan pasteurisasi sebelum ASI dikonsumsi bayi, untuk pencegahan," kata dr Tiwi saat berbincang dengan detikHealth.

Nah, untuk Ayah dan Bunda, ada metode pasteurisasi sederhana yang dapat diterapkan di rumah dengan alat yang mudah, yaitu metode pretoria dan flash. Caranya simak infografis berikut ini:

Infografis/Mindra Purnomo


(rdn/vit)
Topik Hangat Serba-serbi Donor ASI