Kamis, 02 Jul 2020 00:00 WIB

Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini 5 Buah yang Kaya Vitamin C

Advertorial - detikHealth
adv sidomuncul Foto: Shutterstock
Jakarta - Vitamin C merupakan nutrisi yang memiliki fungsi cukup vital dalam tubuh. Memenuhi asupan vitamin C dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, memproduksi kolagen penyembuh luka, dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas.

Berbeda dengan hewan, manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri sehingga perlu mendapatkan asupan dari makanan maupun suplemen. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C secara rutin.

Mengutip dari Myfooddata, ternyata banyak jenis buah yang mengandung tinggi vitamin C. Berikut adalah 5 buah dengan sumber vitamin C tertinggi yang bisa rutin dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh.

1. Jeruk

Dalam 100 gr buah jeruk terkandung 53 mg vitamin C. Untuk mendapatkan manfaat dari buah jeruk, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung maupun menjadikannya sebagai jus buah yang menyegarkan.

2. Lemon

Sama seperti jeruk, lemon juga mengandung jumlah vitamin C yang sama yakni 53 mg per 100 gr. Mengonsumsi lemon secara rutin tentunya akan sangat membantu untuk membuat daya tahan tubuh tetap terjaga.

3. Pepaya

Selain kedua buah tersebut, pepaya juga memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibanding buah jeruk. Buah yang memiliki banyak biji di tengah dagingnya ini mengandung hingga 61 mg vitamin C per 100 gr. Pepaya bisa dijadikan alternatif bila sesekali bosan makan jambu biji, kiwi, atau jeruk untuk memenuhi asupan vitamin C harian.

4. Kiwi

Selain buah jambu biji, masih ada buah lain yang memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibanding buah jeruk, yakni buah kiwi. Buah yang berukuran sebesar genggaman tangan ini memiliki kandungan vitamin C hingga 93 mg per 100 gr atau hampir 2 kali lipat lebih banyak dibanding vitamin C.

5. Jambu Biji

Jambu biji menjadi buah dengan kandungan vitamin C terbanyak dibanding buah-buah lain. Berbanding jauh dengan jeruk yang hanya mengandung 59 mg vitamin C per 100 gr, jambu biji memiliki kandungan hingga 228 mg vitamin C per 100 gr. Mengonsumsi jambu biji secara rutin setiap hari tentu akan membantu memenuhi asupan vitamin C harian.

Rutinlah mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin C seperti buah jeruk, lemon, jambu biji, kiwi dan pepaya agar tidak kekurangan asupan vitamin C harian. Selain dengan buah-buahan, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian dengan mengonsumsi Sido Muncul Vitamin C1000 mg yang mengandung 1000 mg vitamin C.

adv sidomuncul

Sido Muncul Vitamin C1000mg merupakan pelopor vitamin C dalam bentuk sediaan serbuk di mana sediaan dalam bentuk ini memiliki kadar vitamin C lebih stabil dibanding dengan bentuk cair. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Andarwulan di tahun 2000 yang menyebut bahwa vitamin C tidak stabil dalam bentuk larutan, terutama jika terdapat udara dan sensitif pada pengaruh luar yang menyebabkan kerusakan.

Saat dicampur dengan air, Sido Muncul Vitamin C1000mg akan benar-benar mengandung nutrisi 1000mg vitamin C, jadi Anda tidak perlu khawatir karena kadar vitamin C dari Sido Muncul Vitamin C1000mg tidak akan berkurang sama sekali. Sido Muncul Vitamin C1000mg tersedia dalam 2 varian rasa yakni Lemon dan Sweet Orange.

Selain dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian, juga dapat membantu memelihara daya tahan tubuh. Vitamin E sebagai antioksidan guna menangkal radikal bebas. Vitamin B3, B6, B12 untuk menjaga sistem saraf dan meningkatkan energi, serta madu sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sido Muncul Vitamin C1000mg juga aman bagi penderita diabetes karena tidak mengandung gula. Produk ini dapat dibeli secara online melalui e-commerce resmi Sido Muncul di www.sidomunculstore.com dan di Official Store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli serta BukaLapak. (adv/adv)