Rabu, 27 Apr 2022 00:00 WIB

Pekan Terakhir Ramadan, Ini 5 Tips Atasi Masalah Lambung Selama Puasa

Advertorial - detikHealth
Pro Em 1 Sumber: Shutterstock
Jakarta - Tak terasa, bulan suci Ramadan sudah memasuki pekan terakhir, artinya sudah separuh Ramadan telah dilalui oleh umat muslim. Nah sayangnya, di pekan terakhir Ramadan seringkali seseorang melewatkan waktu sahurnya.

Seperti kita ketahui saat memilih melewatkan sahur, tubuh mungkin akan menimbulkan reaksi tertentu, terutama bagi yang memiliki berbagai riwayat penyakit seperti permasalahan lambung. Hal ini biasanya menimbulkan berbagai gejala yang mengganggu, salah satunya maag yang membuat perut perih, mual, hingga muntah.

Di pekan terakhir Ramadan ini, pastinya kamu nggak mau dong permasalahan lambung mengganggu ibadah puasa dan momen lebaran Idul Fitri? Oleh sebab itu, agar puasa tetap nyaman dan sambut lebaran pun lebih tenang lakukan beberapa cara menjaga lambungmu tetap sehat selama berpuasa terutama di pekan terakhir Ramadan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 tips lambung sehat agar #PuasaBebasNyeri saat menjalani puasa!

1. Jangan Lewati Sahur

Tips pertama agar kesehatan lambung tetap terjaga saat berpuasa adalah tidak melewatkan sahur. Akan tetapi memasuki pekan terakhir Ramadan ini mungkin banyak orang memilih melewatkan sahurnya. Padahal dalam berpuasa kita mengalami perubahan pola waktu makan, sahur menjadi komponen penting yang merupakan pengganti sarapan sekaligus makan siang. Melewati sahur dan menyebabkan perut kosong yang lebih lama akan sangat berisiko mengalami penyakit lambung terlebih bagi penderita maag.

2. Berbuka Tepat Waktu

Selain tidak melewati sahur, penderita maag juga sangat disarankan berbuka tepat waktu. Sebab menunda waktu berbuka bisa membuat maag kambuh, jadi jangan menunda-nunda ya! Meski disibukkan dengan segudang aktivitas atau berbuka di perjalanan, usahakan menyiapkan simpanan makanan ringan.

3. Hindari Pemicu Nyeri Lambung

Nah, perhatikan hal-hal yang memicu asam lambung berlebihan yang menyebabkan nyeri lambung seperti konsumsi makanan atau minuman pedas, asam, dan berkafein. Kemudian makanlah dalam porsi sedikit, namun sering dan hindari rebahan setelah makan. Tak hanya pola makan, kelola stres dengan baik selama berpuasa bisa mencegah kambuhnya maag.

4. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Tips agar tidak terjadi nyeri lambung saat puasa berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang penuh serat seperti buah dan sayur. Makanan ini bisa membantu seseorang untuk merasa kenyang lebih lama.

5. Konsumsi Suplemen Probiotik Multi-Strain

Tips terakhir agar lambung aman saat berpuasa bisa dengan mengkonsumsi suplemen pencegah asam lambung berlebihan, salah satunya PRO EM1. PRO EM1 adalah suplemen kesehatan probiotik multi-strain yang mengandung milyaran mikroorganisme baik, kesehatan lambung dari asam lambung berlebihan.

Mengonsumsi PRO EM1 2x sehari sesudah makan sahur dan makan berbuka dapat membantu menjaga kondisi lambung agar #PuasaBebasNyeri. Produk ini bisa kamu dapatkan di apotek, market place, atau Instagram @proem1indonesia.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan para penderita penyakit lambung agar tetap sehat selama berpuasa Ramadan. Mengingat Ramadan hanya tinggal 1 pekan, pastinya nggak mau dong ibadahmu terganggu akibat nyeri lambung. Dengan PRO EM1 #PuasaBebasNyeri dan Ibadah makin lancar. Mau dapat PRO EM1 gratis? Yuk ikuti giveaway di Instagram @proem1indonesia untuk mendapatkan PRO EM1 gratis tiap minggu sepanjang bulan Ramadan! (adv/adv)