Selasa, 19 Apr 2016 14:01 WIB

Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Balita yang Sering Melepeh Makanan

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat balita melepeh makanannya, sebagai orang tua Anda pasti sedih dan kesal. Apalagi jika berat badan si kecil dirasa sulit bertambah. Tapi jangan sampai hal ini membuat Ayah dan Ibu kehilangan kesabaran ya.

Dokter spesialis anak dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, dr Meta Hanindita, SpA, menjelaskan anak usia 1-3 tahun sedang masuk ke dalam fase food neophobia. Ini merupakan fase penolakan terhadap makanan baru.

"Sehingga wajar saja kalau diberi makanan (terutama menu baru, mengingat sebelum usia 1 tahun makanannya bukan makanan keluarga) melepeh sebagai bentuk menolak," terang dr Meta dalam perbincangan dengan detikHealth.

Baca juga: Saat Balita Malas Makan, Jangan Diatasi dengan Perbanyak Pemberian Susu

Selain itu cobalah Anda perhatikan dalam situasi apa anak gemar melepeh makanannya. Bisa saja anak melepeh makanannya karena suapan makanannya terlalu banyak. Tentu tidak nyaman rasanya jika makan dengan mulut yang terlalu penuh.

Bisa jadi juga karena Anda memaksanya untuk makan. Karena melepeh makanan bisa merupakan bentuk 'perlawanan' anak ketika upaya Anda menyuapinya membuat dia merasa dihentikan kesenangannya. Misalnya Anda menyuapinya saat dia sedang asyik bermain atau sedang menonton televisi.

Jika anak Anda melepeh makanan yang baru dikenalkan, dr Meta menyarankan untuk mencoba memberikannya dalam porsi kecil. "Kenalkan makanan tersebut secara perlahan. Caranya dengan mencampurkan bahan makanan yang sudah ia kenal sebelumnya dengan yang baru," saran dr Meta.

Baca juga: Ini Kata Dokter Soal Pemberian Karbo Berlipat-lipat untuk Dongkrak Bobot Anak

Penting juga untuk menghindari penggunaan bumbu terlalu tajam. "Serta yang paling penting, biasakan anak makan tanpa distraksi. Jangan mengajak anak makan sambil bermain, nonton tv, jalan-jalan, apalah apalah," imbuh dr Meta. (vit/vit)
News Feed